Sengkuyung, Warga Kelurahan Kuripan Yosorejo Giatkan Budaya Gotong-Royong

Kota Pekalongan – Kelurahan Kuripan Yosorejo, Kecamatan Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan terus menggiatkan sejumlah kegiatan yang mencerminkan budaya kegotong-royongan di tengah masyarakat, salah satunya dengan kegiatan sengkuyung bersih-bersih dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan di wilayah tempat tinggalnya.

 

Bacaan Lainnya

Lurah Kuripan Yosorejo, Nur Ahmad Ihsan menjelaskan bahwa, kegiatan menjaga kebersihan lingkungan secara bersama-sama ini selain untuk menumbuhkan kembali budaya gotong-royong juga sebagai persiapan Lomba Video Bulan Bhakti Gotong-Royong Masyarakat (BBGRM) tingkat Kota yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPPA) sehingga perlu disiapkan di tiap-tiap RW.

 

” Alhamdulillah kami menunjuk RW 4 untuk mewakili Kelurahan Kuripan Yosorejo, dimana Hari Minggu kemarin dan sebelum-sebelumnya telah mengupayakan menjaga kebersihan lingkungan terutama masalah keamanan lingkungan berupa menggiatkan kembali poskamling, bersih-bersih lingkungan, kemudian usulan dari masyarakat juga perlu ada kaca cembung di lingkungannya,” ucap Ihsan saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa siang (14/2/2023).

 

Ihsan menyebutkan, salah satu indikator penilaian Lomba Video BBGRM ini adalah budaya gotong-royong yang ditunjukkan oleh masyarakat setempat serta keguyub rukunan dalam sengkuyung menjaga kebersihan lingkungannya. Dalam menumbuhkan budaya gotong-royong menjaga kebersihan lingkungan ini, perangkat kelurahan berupaya menggerakkan semua unsur masyarakat yang tergabung dalam Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan (LKK) baik itu Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM), Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Karang Taruna, dan warga setempat.

 

“Agar bisa menangkal berbagai penyakit yang ada seperti demam berdarah, diare dan sebagainya. Hari Minggu Alhamdulillah sudah berjalan lancar, persiapan secara administrasi juga sudah dilakukan. Harapan kami, warga Kuripan Yosorejo bisa senantiasa menjaga kebersihan lingkungan, kalau ada hadiah itu bonus, tapi kami menekankan agae lingkungan ini bisa bersih dari gangguan segala penyakit yang ada disebabkan oleh kekumuhan lingkungan,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *