Yayasan Setia Perjuangan Bangkitkan Semangat Seniman – Dukung Penuh Pagelaran Wayang di Sanggar

  • Whatsapp
Pementasan wayang, dalang KI MANGUN YUONO,S.sn

PEMALANG- Melihat dampak pendemi covid19 yang luas, Yayasan Setia Perjuangan membangkitkan semangat para seniman di Pemalang. Salah satunya dengan mendukung penuh tampilan pagelaran wayang di Sanggar dan mengacu protokol kesehatan.

Pembina Yayasan Setia Perjuangan Prof. Dr. Hendrawan Supratikno melalui Dr. Heriyono Tardjono mengatakan, pemberian dukungan pagelaran di sanggar ini dilakukan pihaknya untuk memberikan ruang bagi seniman khususnya seni pertunjukan untuk berkarya, tapi juga bagian dari mitigasi terhadap pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak covid19.

Bacaan Lainnya

“Pendemi covid19 ini memberikan dampak luas bagi masyarakat. Hampir seluruh profesi termasuk para pekerja seni khususnya seni pertunjukkan,” katanya.

Pementasan wayang, dalang KI MANGUN YUONO,S.sn

Dikatakannya, saat ini adalah masa sulit bagi para seniman yang mengandalkan masyarakat sebagai penikmat seni dalam bentuk pementasan. Karena area publik yang menjadi sandaran utama ruang berekspresi ditutup sampai batas waktu belum ditentukan.

“Karena itulah kemudian Yayasan Setiawa Perjuangan memberikan dukungan untuk menggelar pementasan wayang di sanggar yang memegang protokol kesehatan seperti membatasi jumlah pemain, serta hasil tampilannya juga bisa disaksikan secara daring untuk masyarakat luas,” ucapnya.

Adanya hal ini sesuai tujuannya yakni membantu meringankan para pelaku seni sebagai stimulus pengganti pekerjaan yang hilang, penyaluran bantuan dengan memberikan karya sederhana di sanggar, memudahkan akses seniman berkarya serta memudahkan akses masyarakat untuk menikmati karya seni selama pendemi ini.

Pementasan wayang, dalang KI MANGUN YUONO,S.sn

“Walaupun kegiatan ini tidak akan bisa menggantikan pendapatan seniman sepenuhnya, diharapkan kegiatan ini bisa membantu melewati masa sulit saat pendemi belum berakhir,” paparnya.

Sementara itu, salah seorang pekerja seni kreatif Ki Mangun Yuono mengucapkan terimakasih kepada Yayasan Setia Perjuangan yang telah memberikan dukungan untuk menggelar tampilan pagelaran wayang.

“Sudah terlalu lama kondisi pandemi membatasi ruang gerak pelaku seniman. Di samping itu, penanganan dampak terhadap pelaku seni juga dinilai berbeda. Kami meminta adanya kelonggaran dibukanya kembali hajatan, yang merupakan tradisi masyarakat Jawa dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Sebab dari sanalah, para pelaku seni, bisa mendapatkan penghasilan,” harap dia. (Pekalonganberita.com)

Pos terkait