Yaqut Cholil Qoumas, Launching Hari Santri Tahun 2022

KAJEN– Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, melaunching Hari Santri Tahun 2022 di Halaman Kampus UIN (Universitas Islam Negeri) K. H. Abdurahman Wahid Pekalongan Selasa (27/9).

Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, hari ini kita merayakan dan melaunching Hari Santri 2022, adalah pemberian pemerintah Presiden Jokowi dan penghargaan kepada Santri yang telah dilalaikan pada masa lalu.

“Hari santri ini adalah pemberian penghargaan atas jasa santri yang dulu memperjuangkan kemerdekaan Indonesia,” katanya.
Dikatakannya, hari santri bukan diberikan kepada kalian tapi kepada santri yang berjuang dalam memperjuangkan kemerdekaan.

“Salah satu cara menjawabnya dengan belajar di UIN KH. Abdurrahman Wahid adalah kesempatan baik ini untuk belajar menimba ilmu agar bisa mengabdi pada Negara,” katanya.

InsyaAllah diantara yang hadir ini akan jadi presiden salah satu dari UIN KH Abdurrahman Wahid.

“Kini santri mendapatkan posisi-posisi penting di negeri ini. Saya yakin santri yang berkumpul di sini para mahasiswa UIN KH. Abdurrahman Wahid mari kita lauching Hari Santri 2022 dengan gembira dan merenungi apa yang telah dilakukan pada negara ini,” tandasnya.

Sementara itu Anggota Komisi VIII DPR RI MF Nurhuda Y mengatakan, lauching Peringatan hari santri ini ditempatkan di UIN KH Abdurrahman Wahid, untuk harus menjaga nama besar Gus Dur dengan sikap ataupun perbuatan.

“Kita harus mengucapkan terimakasih kepada Presiden Jokowi, ini adalah penghargaan yang luar biasa kepada santri karena telah ikut dalam memperjuangkan kemerdekaan,” katanya.

Menurutnya, santri jangan berkecil gati dengan menjaga ilmu yang dipelajari, banyak pejabat DPR, Menteri, bahkan presiden dan wakil presiden berasal dari santri.

“Di DPR RI kami sudah berjuang dengan UU Ponpes. Komitmen ponpes dituangkan dalam Undang-undang saja namun kita memperjuangkan agar dianggarakan dengan memberikan beasiswa dan gedung untuk ponpes,” tuturnya.