Waspada, Puluhan Tenaga Kesehatan Terpapar Corona

  • Bagikan

KAJEN- Pekalonganberita.com – Virus corona tak pandang bulu. Bisa menyerang siapa saja. Bahkan, tenaga kesehatan sebagai ujung tombak penanganan Covid-19 banyak yang terpapar virus corona.

“Nakes sebagai ujung tombak banyak terpapar Covid. Petungkriyono ada tiga, Lebakbarang satu, Talun juga demikian. Kesesi, Sragi, Bojong semuanya ada. Total ada 39 terpapar Covid,” terang Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan Setiawan Dwiantoro, Senin (21/6/2021).

Kasus terbaru di instalasi farmasi dan RSUD Kajen. “Ini juga harus kita waspadai. Instalasi farmasi setiap hari melayani dari Puskesmas. Distribusi obat, vaksin, dan APD akan sedikit terganggu,” katanya.

Ditandaskan, di Kabupaten Pekalongan saat ini tidak ada kecamatan bebas Covid-19. Di semua kecamatan saat ini ada kasus aktif Covid per tanggal 20 Juni ini.

“Zonasi kabupaten merah. Kita sudah di bawah Semarang,” ujar dia.

Untuk kecamatan dengan zona merah ada empat. Yakni Kecamatan Kesesi, Kajen, Tirto, dan Sragi.

JAGA JARAK SULIT

Menurutnya, perilaku yang masih sulit diterapkan di Kabupaten Pekalongan adalah jaga jarak. “Ini masih susah diterapkan. Masker sudah bagus. Upaya kita bagaimana kerumunan bisa diminimalisir mungkin, sehingga kedepan tidak ada transmisi penularan Covid karena kerumunan. 3M harus ditekankan,” tandasnya.

Ia pun menekankan perlunya percepatan vaksinasi. Salah satunya dengan vaksinasi massal tingkat kabupaten. Vaksinasi massal akan dilakukan tanggal 20-30 Juni 2021. (radarpekalongan)

  • Bagikan