Wabup Hadiri Serah Terima Estafet Obor Pesonas SOI

KAJEN – Pekan Special Olympics Nasional (PeSONas) diharapkan dapat memberikan ruang bagi talenta-talenta khusus anak-anak penyandang disabilitas di Kabupaten Pekalongan yang selama ini kurang mendapatkan perhatian dari lingkungan dan keluarga karena keterbatasannya. Dengan begitu diharapkan dapat menumbuhkan rasa percaya diri dalam diri anak penyandang disabilitas.

Demikian disampaikan Wakil Bupati Pekalongan Riswadi, SH. dalam sambutanya pada kegiatan Serah Terima Estafet Obor Pesonas SOI (Special Olympics Indonesia) yang diselenggaran di SMALB Negeri Wiradesa, Kamis (9/6).

“Olimpiade Special Nasional ini membangkitkan mereka yang mempunyai talenta supaya ada ruang, ada media yang mereka dianggap manusia biasa yang sempurna juga,” ungkap Riswadi.
Riswadi mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pekalongan selama ini selalu berupaya memberikan kenyamanan dan perhatian kepada para penyandang disabilitas di Kabupaten Pekalongan diantaranya meminta kantor-kantor pelayanan publik menyediakan jalur miring untuk penyandang disabilitas.

Kemudian pemkab juga melakukan upaya pendataan para penyandang disabilitas di Kabupaten Pekalongan guna memastikan para penyandang disabilitas terdata dan hak-haknya bisa terpenuhi, “Itu merupakan bentuk kepedulian dan empati kita kepada kaum berkebutuhan khusus,” ujar Ruswadi.

Pada kesempatan tersebut Riswadi juga memberikan apresiasi kepada para pendidik anak disabilitas di Kabupaten Pekalongan atas dedikasinya mendidik siswa disabilitas dengan penuh kesabaran,

“Saya apresiasi kepada para pendidik yang sabar dan yang selalu setia mendidik anak didiknya itu seperti anaknya sendiri,” kata wabup.

Wabup berharap agar siswa SLB di Kabupaten Pekalongan dapat mengikuti kegiatan yang dilombakan pada ajang PeSONas nantinya. Dia juga mengungkapkan pemkab mendukung kegiatan yang melibatkan anak-anak disabilitas contohnya seperti PeSONas.

Terakhir, wabup berterima kasih kepada Perwakilan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dinpora) Kabupaten Pemalang yang telah mengantarkan obor PeSONas kepada Pemerintah Kabupaten Pekalongan, “Terima kasih pengawalan obor dari Kabupaten Pemalang saya terima atas nama Pemerintah Kabupaten Pekalongan,” ucap Riswadi.

Panitia SOIna Provinsi Jawa Tengah Daniel Hakiki mengatakan bahwa kirab obor telah melewati hampir seluruh pulau jawa. Setelah dari Kabupaten Pekalongan nantinya kirab obor akan bergerak ke kota pekalongan.

“Nanti dari Kabupaten Pekalongan akan bergerak ke Kota Pekalongan begitu seterusnya nanti akan berakhir di Kota Semarang,” Jelas Daniel.
Lebih lanjut, Daniel menuruturkan bahwa kirab obor merupakan bagian dari peristiwa Pekan Special Olympics Nasional (PeSoNas) Ke-1 Tahun 2022. Kegiatan ini akan digelar pada tanggal 3-8 Juli 2022 di Kota Semarang.