Vaksinasi Covid 19, Dinkes Sasar Pelayan Publik dan Lansia

  • Whatsapp

Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Kesehatan setempat segera melanjutkan program vaksinasi Covid-19 tahap kedua dan ketiga. Diketahui pada tahap pertama program vaksinasi diperuntukkan bagi tenaga kesehatan (nakes) dengan target sasaran sebanyak 2.407 orang pada dosis pertama dan kedua.

Usai penyuntikan dosis pertama dan kedua vaksin tersebut selesai,Dinkes akan menyasar pelayan publik dan masyarakat lanjut usia (lansia).

Bacaan Lainnya

“Setelah tenaga kesehatan, selanjutnya vaksinasi dilakukan ke petugas pelayan publik dan lansia diatas usia 60 tahun. Sementara untuk petugas pelayan publik yang dimaksud terdiri dari ASN, TNI,Polri, tenaga keamanan, pegawai BUMN,BUMD,pegawai transportasi, wartawan,awak media,dan sebagainya yang sering berinteraksi dengan orang banyak.

Metode Kementerian Kesehatan dalam mempercepat upaya ini adalah dengan melakukan vaksinasi di fasilitas layanan kesehatan dan mengadakan vaksinasi massal,”terangnya Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan,Dr Slamet Budiyanto,SKM,Mkes,Jumat(19/2/2021)

Dalam vaksinasi yang menyasar pelayan publik dan masyarakat lansia ini di Kota Pekalongan,Budi memperkirakan jumlahnya puluhan ribu atau lebih dari 10 kali lipat dari sasaran vaksinasi tahap pertama sehingga membutuhkan persiapan yang lebih matang baik pada saat pendistribusian dari tingkat pusat ke tingkat provinsi hingga tingkat kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Menurutnya, dalam pelaksanaannya nanti, vaksinasi untuk masyarakat lansia dan petugas pelayanan publik akan dilaksanakan bersamaan,namun pihaknya belum bisa memastikan waktu pelaksanaannya.

“Untuk naskes lansia kemarin hanya sedikit dan sudah dilaksanakan, untuk lansia secara umum dilaksanakan bersamaan dengan petugas pelayan publik. Namun untuk waktunya kami belum tau kapan pastinya dan masih menunggu data serta kuota turunnya vaksin dari Kemenkes ke Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kemudian didistribusikan ke kabupaten/kota termasuk di Kota Pekalongan,”pungkasnya.

Pos terkait