Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka Di Pantau Wakil Bupati

Wakil Bupati Pemalang Mansur Hidayat didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pemalang Mualip mengunjungi sejumlah tempat belajar yang sedang melaksanakan uji coba pembelajaran tatap muka, Kamis, (18/3/2021).

Adapun sekolah yang ditinjau diantaranya SMP 4 Bantarbolang dan SDN 3 Pegiringan.
Kunjungan orang nomor dua di jajaran Pemkab Pemalang ini, dimaksudkan untuk mengecek sejauhmana kesiapan tempat belajar mengajar yang akan melaksanakan pembelajaran bertatap muka.

Seusai melihat tayangan video yang diputar di sela -sela keunjungannya, Wakil Bupati Mansur mengatakan, siswa yang sudah melakukan uji coba pembelajaran tatap muka tampak sudah memenuhi syarat protokol kesehatan dan juga tersedianya peralatan protokol kesehatan yang memadai di tempat belajar sehingga dinilai sudah memenuhi syarat untuk dilaksanakan kegiatan belajar mengajar tatap muka.

Mansur menyebutkan, untuk syarat pembelajaran tatap muka antara lain harus mendapatkan ijin orang tua, dan juga komite serta sekolah tersebut harus masuk dalam daerah zona hijau. Sedangkan terkait vaksinasi bagi tenaga pendidik, pihaknya menjelaskan bahwa saat ini para guru sedang berlansung vaksinasi bagi pengajar, namun demikian yang diutamakan para pengajar yang tempat belajarnya akan dijadikan uji coba (Piloting) proses pembelajaran tatap muka.

“untuk vaksin bagi para guru saat ini sedang berlansung, yang untuk piloting yang diutamakan”, ungkapnya.
Selain itu Mansur berpesan, kepada semua anak siswa yang ada di Kabupaten Pemalang agar selalu menjaga kesehatan, dirumah saja, selalu terapkan protokol kesehatan dan makan yang cukup.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pemalang, Mualip mengatakan, beberapa sekolah yang masuk Zona orange sudah dibatalkan untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar tatap muka, seperti di Kecamatan Pemalang, Kecamatan Taman dan Kecamatan Ulujami. Di kecamatan tersebut lokasi sekolahnya dekat dengan zona orange.

“Untuk sekolah yang menjadi pilot project kita tunda, prinsip hari ini adalah persiapan untuk pembelajaran tatap muka secara menyeluruh”, tandasnya.

Mualip mengatakan, untuk kegiatan belajar mengajar tatap muka sesuai petunjuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan dilaksanakan pada tahun pelajaran 2021 dan 2022.

“Sesuai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan belajar tatap muka menurut rencana akan dilaksanakan pada tahun 2021 dan 2022”, pungkasnya.

(pemalangkab,go.id)