Terhenti Karena Pandemi, Pemkot Aktifkan Kembali Layanan Perpustakaan Keliling

  • Bagikan

Sempat terhenti akibat adanya pandemi Covid-19, Mobil Perpustakaan Keliling (MPK) milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekalongan mulai aktif kembali mengunjungi Perpustakan RW maupun taman baca masyarakat. Hal ini disampaikan oleh Kepala Seksi Akuisisi, Pengolahan dan Layanan Pustaka, Junaenah SAP MM saat ditemui di Kantor Dinarpus setempat, Senin (29/3/2021).

“Tahun sebelumnya kami memang menyasar ke sekolah-sekolah, karena adanya pandemi pembelajaran sekolah dilakukan secara daring (online). Sehingga di tahun 2021, perpustakaan keliling menyasar taman baca masyarakat atau perpustakaan RW,” ungkap Junaenah.

Ia menambahkan bahwa layanan ini baru bisa dimulai kembali awal Bulan Maret. Pihaknya mendatangi setiap lokasi taman baca masyarakat yang tersebar di empat kecamatan se-Kota Pekalongan.

“Sebagian taman baca yang kami datangi, kami standby di lokasi kemudian pemustaka datang. Namun ada juga taman baca yang hanya kami dropping buku saja. Kami menyesuaikan dari kondisi taman baca yang ada. Selanjutnya, akan kami evaluasi, apabila tanggapan dari masyarakat cukup bagus maka akan kami maksimalkan lagi operasionalnya,” terangnya.

Terkait dengan armada yang beroperasi, Junaenah menuturkan, setidaknya ada tiga armada yang digunakan untuk menjangkau ke semua wilayah kecamatan. Dalam satu hari pihaknya menargetkan sejumlah dua lokasi/taman baca. Selain itu, jam kunjungan layanan di mulai pada pukul 9:00 pagi. Untuk tiap lokasi lama kunjungan 1-1,5 jam, kemudian ke lokasi berikutnya.

“Karena masih di uji cobakan untuk opersionalnya. Satu hari kami targetkan ke dua lokasi. Namun jika nantinya antusiasnya tinggi, akan kami maksimalkan ke tiga lokasi setiap hari. Mudah-mudahan ke depan, bisa ada penambahan armada mobil perpustakaan keliling. Sehingga, untuk operasionalnya satu wilayah kecamatan satu armada mobil,” katanya.

  • Bagikan