Tekan Penyebaran Corona, Warga Berkuruman Dibubarkan

KAJEN – Sejumlah aktivitas warga yang tengah berkerumun dibubarkan oleh anggota Polres Pekalongan dan Kodim 0710 Pekalongan semalam. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona atau covid-19 di wilayah Pekalongan.

Kapolres Pekalongan AKBP Aris Tri Yunarko mengatakan, kegiatan ini bukanlah razia, melainkan sekedar imbauan kepada warga agar tidak berkumpul dalam jumlah besar.

“Ini bukan razia, tapi sekedar imbauan kepada orang-orang yang berkerumun agar sebaliknya kembali saja di rumah untuk mencegah virus corona. Hal ini juga sesuai, maklumat dari Kapolri dan imbauan dari Pemerintah Kabupaten Pekalongan,” kata AKBP Aris.

Dikatakannya, tidak sekedar melakukan pembubaran keramaian atau warga yang tengah melakukan kerumunan, namun pihaknya juga memberikan pemahaman bahwa perilaku tersebut berpotensi terjadi penularan virus corona atau covid-19.

“Kami berikan imbauan kepada masyarakat untuk mematuhi pembatasan interaksi sosial atau social distancing,” ujarnya.

Dikatakannya, pemberian imbauan ini dilakukan dengan sasaran seluruh masyarakat baik muda mudi yang berkumpul, di sekitaran gedung-gedung pemerintahan Kabupaten Pekalongan, rumah dinas bupati pekalongan, Tugu Nol Kajen, Tugu Durian Karanganyar, dan Lapangan Bebekan Kedungwuni.

“Kami minta mereka langsung kembali ke rumah masing-masing saja untuk menjaga kesehatan. Terutama antisipasi virus corona.

Kegiatan ini akan terus kami lakukan baik pada siang hingga malam hari, untuk memberikan imbauan menghindari adanya kerumunan masyarakat,” tandasnya. (Pekalonganberita,com)