Tanah Bergerak, Jalan Ambles Lima Meter di Kandangserang dan 20 Rumah Alami Rusak

  • Bagikan

KAJEN- Pekalonganberita.com- Akibat tanah bergerak yang terjadi di Dukuh Trajumas, Desa Trajumas, Kecamatan Kandangserang Kabupaten Pekalongan, membuat jalan di Kecamatan Kandangserang ambles sedalam 5 (lima) meter dan membuat sekitar 20 rumah mengalami rusak.

Ketua PMI Kabupaten Pekalongan Arini Harimurti mengatakan, tanah bergerak itu tepatnya terjadi di Dukuh Trajumas, Desa Trajumas RT 02 RW 01. Kondisi tersebut diakibatkan karena intensitas air hujan akhir-akhir ini meningkat.
“Dampak adanya kondisi ini, ada 20 rumah mengalami rusak sedang. Bahkan Jalan Raya Penghubung Dukuh Trajumas – Dukuh Wonosari rusak berat sehingga tidak bisa dilalui karena tanah bergerak ke bawah sejauh 5 meter,” ungkapnya.
Dampak lainnya yang terjadi yaitu di Dukuh Wonosari RT 07,08 RW 04 terisolir dikarenakan akses menuju keluar desa susah untuk dilewati.
“Di Dukuh Wonosari, Desa Trajumas RT 07,08 RW 04 ada sekitar 60 rumah yang terdampak. Guna membantu hal ini, kami dari PMI Kabupaten Pekalongan telah melakukan koordinasi dengan pihak terkait, membantu pembuatan jalan alternatif penghubung desa, mendistribusikan logistik makanan pokok dan makanan ringan,” katanya.
Adanya hal ini pihaknya mengimbau kepada masyarakat di sekitar lokasi untuk waspada khususnya ketika hujan turun. “Silahkan jika dibutuhkan kami siap 24 jam membantu. Laporkan ketika ada kejadian,” tandasnya. (Pekalonganberita.com)

  • Bagikan