Sumarwati : Sebagai Kader Siap Maju – Pilkada 2020

Sumarwati, yang kini menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pekalongan.

KAJEN- Isu perpolitikan di Kabupaten Pekalongan menjelang Pilkada tahun 2020 semakin menghangat. Kali ini satu nama kembali muncul yang diprediksi bakal maju dengan posisi calon wakil bupati.

Dia adalah Sumarwati, yang kini menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pekalongan. Wanita warga Bojong Kabupaten Pekalongan kelahiran Bantul ini mengaku siap jika ditunjuk maju dalam pesta demokrasi mendatang dengan posisi calon G2 (wakil bupati).

“Kalau dibutuhkan oleh masyarakat. Insya Allah saya siap. Dalam setiap doa kalau memang ini akan mendatangkan kemaslahatan masyarakat kabupaten pekalongan semoga Allah memudahkannya. katanya.

Sosok wanita tangguh ini kuat diperbincangkan bakal mendampingi Asip Kholbihi lantaran sepak terjang dan jenjang kariernya yang terbilang sukses.

Sejak menetap di Kabupaten Pekalongan pada tahun 1992 lalu, Sumarwati aktif di jajaran pengurus Fatayat Anak Cabang Bojong, lalu lanjut pada tahun 1993 masuk kepengurusan tingkat Kabupaten Pekalongan dan selama dua periode 1997 – 2004, di percaya sebagai ketua fatayaf kabupaten Pekalongan , kini menjabat sebagai Ketua Muslimat NU Kabupaten Pekalongan.

Selain aktif di organisasi keagamaan wanita dengan sapaan akrab Bu Wati ini juga aktif di PKK , sekaligus menjadi wakil Ketua Gerakan Gabungan Organisasi Wanita Kabupaten Pekalongan dan organisasi organisasi lain.

Sementara untuk jenjang karirnya diawali menjadi guru SMP tahun 1985 di Kabupaten Batang tepatnya di SMP Negeri 4 Batang. Kemudian tahun 1990 mutasi di SMP Negeri 2 Kedungwuni. Tahun 2007 menjadi Kasi Pengendalian Mutu TKSD Dinas Pendidikan Kabupaten Pekalongan, lalu pada tahun 2010 menjadi Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Pekalongan.

Kariernya semakin melonjak pada tahun 2011 yang ditempatkan di Dinas Sosial sebagai kepala bidang Rehabsos, lalu tahun 2012 menjabat Camat Wiradesa, tahun 2013 menjabat Camat Kedungwuni. Puncaknya pada tahun 2014 sampai 2017 menjadi Kabag Kesra dan pada September 2017 menjadi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan. (pekalonganberita,com)