SPN Datangi DPM-PTSP dan Naker, Adukan Permasalahan Pekerja

  • Bagikan
Serikat Pekerja Nasional (SPN) Kabupaten Pekalongan mengadakan audensi dengan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPM-PTSP dan Naker) Jumat, (4/6/2021).

KAJEN, pekalonganberita.com– Serikat Pekerja Nasional (SPN) Kabupaten Pekalongan mengadakan audensi dengan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPM-PTSP dan Naker) Jumat, (4/6/2021).

Mereka mengadukan permasalahan yang terjadi antara perusahaan dan pekerja yang terjadi akhir-akhir ini,

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris DPC SPN Kabupaten Pekalongan, Isa hanafi, serta perwakilan PSP masing masing perusahaan yang ada di Kabupaten Pekalongan. Mereka diterima Kabid Hubungan Industrial Dinas PM PTSP dan Naker, Tri Haryanto, SH.MM, Kasi Kelembagaan dan Penanganan Perselisihan, Eko Hadi Mazaya SH.MH serta Staf Hubungan Industrial, Doddy prasetyo.

Sekretaris DPC SPN Kabupaten Pekalongan Isa Hanafi mengatakan, tujuan kami kesini selain silaturahmi juga sekalian menyampaikan beberapa permasalahan yang terjadi pada masing masing perusahaan.

“Harapan kami dari DPC agar masalah yang ada di tiap perusahaan dapat segera dimonitor sedini mungkin sehingga dapat diambil langkah langkah yang terbaik,” katanya.

Untuk itu, pihaknya membutuhkan dukungan dan saran dari Dinas Naker apa saja langkah langkah yang harus dilakukan.

Salah satu perwakilan PSP SPN Nanang menuturkan, di salah satu perusahaan dari bulan Mei 2020 sekitar 40 orang dirumahkan dan sudah hampir 1 tahun lebih dan dijanjikan untuk karyawan tetap akan diberikan kompenaasi 100 persen dan baru di berikan 50 persen, dan sampai saat ini belum ada kepastian.

“kami sudah menanyakan kepada HRD terkait kejelasannya, namun dijawab menunggu kabar,” paparnya.

Adapun terkait Jamsostek belum bisa diambil dan sebagai informasi perusahaan belum membayar kewajiban beberapa bulan kepada Jamsostek.

“untuk itu, kami meminta solusi dari Dinas sekiranya langkah langkah apa saja yang harus kami lakukan,” jelasnya.

Sementara itu, Kabid hubungan industrial ketenagakerjaan Dinas Tenaga Kerja Kab Pekalongan, Tri Haryanto menjelaskan, pihaknya dituntut inovasi dalam pelayanan di saat ini pandemi covid 19 dalam hal komunikasi maupun aduan untuk lebih menggunakan virtual, Dinas Naker saat ini sudah membuka layanan online yaitu Via Whatapps dan Via Instagram hubinnaker_kabpekalongan.

“kami mohon masukan barangkali ada inovasi terkait pelayanan kami apa yangg dapat mendukung dalam hal penyampaian masalah agar semua dapat bisa berjalan dengan mengedepankan prokes mengingat masih pandemi covid-19,” terangnya.

  • Bagikan