Sepuluh Desa di Kabupaten Pekalongan Jadi Gong Ceting

KAJEN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pekalongan mendeklarasikan 10 desa di Kabupaten Pekalongan menjadi Desa Gotong Royong Cegah Stunting (Gong Ceting) melalui kegiatan yang digelar di Desa Karanggondang Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan, Minggu (27/11).

 

10 Desa yang dideklarasikan menjadi Desa Gong Ceting yakni Desa Kebonsari Kecamatan Karangdadap, Desa Jeruksari Kecamatan Tirto, Desa Watusalam Kecamatan Buaran, Desa Srinahan Kecamatan Kesesi, Desa Kutorejo Kecamatan Kajen, Desa Salakbrojo Kecamatan Kedungwuni, Desa Legokgunung Kecamatan Wonopringgo, Desa Tlogopakis Kecamatan Petungkriyono, Desa Luragung Kecamatan Kandangserang, dan Desa Winduaji Kecamatan Paninggaran.

 

Dalam kegiatan siang itu juga disajikan sebanyak 1000 Si Porsi Cegah Stunting (Si Ceting) dalam rangka pencatatan rekor MURI berupa penyajian 14.000 Si Ceting se-Jawa Tengah.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pekalongan M. Yulian Akbar, S.Sos., M.Si. yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan itu digelar sebagai upaya pencegahan stunting di Kabupaten Pekalongan.

 

“Sebagaimana kita ketahui bahwa stunting ini masih menjadi isu strategis dan termasuk permasalahan serius bagi Pemerintah Indonesia termasuk juga di Kabupaten Pekalongan,” jelasnya.

 

Lebih lanjut, sekda menambahkan bahwa kegiatan tersebut juga merupakan langkah nyata yang dilakukan pemerintah daerah untuk menurunkan stunting melalui kolaborasi pentahelik, “Ini adalah langkah nyata yang pemerintah lakukan melalui kolaborasi pentahelik. Hari ini kita menggandeng Universitas Jenderal Soedirman (Unseod) dan alhamdulillah berbagai kegiatan telah dilakukan dan sudah berlangsung selama hampir 2 bulan,” imbuh sekda.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *