Sapu Jagad Ikuti Penilaian Menuju TOP 10 KIPP Jateng Tahun 2021

  • Bagikan

KAJEN, PekalonganBerita.com – Menyusul inovasi Junjang Adminduk, satu lagi inovasi dari Kabupaten Pekalongan maju ke sesi penilaian Presentasi dan Wawancara KIPP Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021. Adalah inovasi Sapu Jagad yang juga diinisiasi Dindukcapil Kabupaten Pekalongan. Sapu Jagad merupakan inovasi dalam memberikan pelayanan adminduk kepada para penyandang disabilitas agar semua penduduk disabilitas di Kabupaten Pekalongan memiliki dokumen kependudukan dan mendapat akses layanan yang mudah dan nyaman.

Wakil Bupati Pekalongan menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Dewan Juri, atas kesempatan terhadap Inovasi Sapu Jagad Kabupaten Pekalongan pada KIPP Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021. H. Riswadi, S.H menyatakan.

“Tugas negara adalah memberikan perlindungan kepada setiap warga negara dengan memberikan dokumen adminduk. Sapu Jagad merupakan akronim dari Semua Penduduk Disabilitas Terjamin dalam Pengurusan Adminduk. Filosofi Sapu Jagad adalah alat yang digunakan untuk menyapu bersih semua penduduk disabilitas yang belum mendapatkan pelayanan adminduk dengan cara mudah, cepat dan adil. Saatnya negara hadir untuk penyandang disabilitas, kalau bukan kita siapa lagi yang akan peduli.” Kata dia.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Bupati pada sesi peniaian Presentasi dan Wawancara KIPP Provinsi Jawa Tengah secara virtual, di Ruang Rapat Bupati Pekalongan pada hari Rabu, 13 Oktober 2021. Wakil Bupati menyampaikan presentasi didampingi Kepala Dindukcapil Abdul Baqi, SH, S.PN, Inovator Sapu Jagad yang sekaligus Sekretaris Dindukcapil Catur Elmiyati, SP, M.Pop Hr, Kabag Organisasi Dan Kepegawaian, Drs. Rukman Hidayat AP serta dihadiri Perangkat Daerah terkait.

Presentasi dilanjutkan dengan wawancara oleh Tim Juri Independen yang terdiri dari berbagai unsur, yaitu Drs.Slamet Santoso, M.Si (UNDIP-Semarang), Drs. H. Gunarto, MM (Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen), Suprihadi, S.Si, M.Kom (UKSW Salatiga), Mustafa, ST, MM, M.Kom (UNSSULA Semarang), Erwin Ardian, ST (Tribun), Rosihan Widi Nugroho, S.AP (PATTIRO), Drs. Mudjianto, M.Si (TVRI), Muhamad Bisri, S.Sos, M.AP (KOMPAK Jawa Tengah) dan Ronny Yuwono, S.Sos.

  • Bagikan