Sambut Hari Jadi, Walikota Dan Jajaranya Kerja Bakti Bersihkan Area Kota

  • Bagikan

Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Pekalongan yang jatuh pada 1 April mendatang, Pemerintah Kota Pekalongan menggelorakan semangat gotong-royong bersih-bersih lingkungan melalui Gerakan Kerja Bakti Serentak di beberapa titik lokasi, salah satunya terpusat di Alun-Alun Kota Pekalongan,Jumat pagi(26/3/2021).

Sebelum kerja bakti dimulai, dilakukan apel bersama yang dipimpin oleh Walikota Pekalongan,HA Afzan Arslan Djunaid,SE dan dihadiri oleh Ketua TP-PKK Kota Pekalongan,Hj Inggit Soraya, Ssn, Sekretaris Daerah Kota Pekalongan,Hj Sri Ruminingsih,SE,MSi beserta para Asisten Setda, Dandim 0710/Pekalongan,Letkol CZI Hamonangan Lumban Toruan,SIP,Kapolres Pekalongan Kota,AKBP M Irwan Susanto, para Kepala OPD dan jajaran Forkopimda lainnya serta perwakilan unsur elemen masyarakat. Kegiatan kerja bakti serentak tersebut tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat. Dengan membawa peralatan kebersihan seperti sabit, sapu, pengki dan kantung sampah, para peserta kerja bakti bergegas menuju ke lokasi membaur bersemangat dalam membersihkan beberapa sudut dan area pusat kota tersebut.

Usai melakukan kerja bakti, Aaf, sapaan akrab Walikota Pekalongan,mengungkapkan bahwa Perayaan Hari Jadi Kota Pekalongan yang biasa diperingati pada tanggal 1 April, dipastikan berbeda dengan perayaan tahun-tahun sebelumnya. Sebelum adanya masa pandemi Covid-19, peringatan hari kelahiran Kota Pekalongan tersebut biasanya diisi dengan serangkaian acara inti seperti kirab, festival budaya, pameran inovasi,berbagai macam perlombaan, dan sebagainya. Namun,mengingat situasi dan kondisi masih dalam masa pandemi, Pemkot hanya melaksanakan kegiatan-kegiatan secara sederhana seperti kegiatan kerja bakti Jumat Bersih serentak pada pagi ini.

“Kegiatan hari ini merupakan rangkaian kegiatan HUT Kota Pekalongan ke-115, memang kegiatan-kegiatan Hari Jadi Kota Pekalongan di tahun 2021 ini tidak seperti biasanya di tahun-tahun sebelumnya dengan kemeriahan seperti adanya kirab budaya, pameran inovasi, pawai, perlombaan,dan sebagainya. Mengingat saat ini situasi dan kondisi masih pandemi,sehingga kami hanya mengadakan kegiatan Jumat Bersih serentak yang dilakukan pada hari ini,”terang Aaf.

Menurut Aaf, gerakan kegiatan kerja bakti serentak ini dilakukan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan sehingga nantinya akan terwujud Kota Pekalongan yang aman, nyaman, asri, bersih, dan indah.

“Selain diisi dengan kegiatan kerja bakti serentak,Hari Jadi Kota Pekalongan di tahun 2021 ini juga difokuskan dengan penyelenggaraan kegiatan doa bersama dan istighosah yang dilaksanakan pada Kamis pagi,1 April 2021. Meski kegiatan HUT Kota Pekalongan di tahun ini dilakukan secara sederhana, tetapi mudah-mudahan tidak mengurangi makna dari peringatan Hari Jadi Kota Pekalongan itu sendiri untuk terus berkembang menjadi kota yang lebih baik lagi ke depannya,”tandasnya.

Usai kegiatan kerja bakti, Walikota Aaf beserta jajaran Forkopimda Kota Pekalongan juga membagikan ratusan masker kepada masyarakat maupun pengunjung dan pedagang yang belum memakai masker di area Alun-Alun Kota Pekalongan.

  • Bagikan