Rizki Aditya Dandim 0710 Pekalongan

KAJEN – Letkol Infanteri Rizki Adiyta, S.Sos, M.Han menjadi Komandan Kodim 0710 Pekalongan menggantikan Letkol CZi Hamonangan Lumban Toruan, S.IP.
Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq SE, MM menghadiri acara Lepas Sambut Dandim 0710 Pekalongan di Pendopo Bupati Pekalongan, Minggu (19/6) malam.

Dalam sambutannya, Bupati Fadia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Letkol CZi Hamonangan Lumban Toruan atas kerja sama yang terjalin selama ini. “Saya atas nama pribadi dan atas nama Bupati Pekalongan, mengucapkan terima kasih atas luar biasa kerja sama kita, kerja keras kita, kekeluargaan kita, selama ini yang sebenarnya tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata,” ungkap bupati.

Bupati Fadia mengucapkan selamat bertugas di tempat yang baru kepada Hamonangan. “Forkopimda Kabupaten Pekalongan sangat solid dan kompak. Kebersamaan kita selama ini, hari ini kita terpisahkan oleh keadaan. Doa saya, Abang lebih nyaman di tempat yang baru dan pangkat Abang meningkat lebih cepat. Mudah-mudahan sebentar lagi jadi Jenderal. Kamipun warga Kabupaten Pekalongan ikut bangga. Kami sangat kehilangan dengan kerja keras beliau,” tutur bupati.

Bupati menyampaikan terima kasih yang tak terhingga, berkat kerja keras dan semangat Hamonangan dalam menurunkan angka Covid-19 di Kabupaten Pekalongan. “Dan alhamdulillah Covid-19 di Kabupaten Pekalongan saat ini pada level 1. Mudah-mudahan segera zero covid-19,” harap bupati.

Bupati memohon maaf kepada mantan Dandim 0170 Pekalongan, jika ada kekurangan selama ini agar dibukakan pintu maaf yang seluas-luasnya.

Bupati mengucapkan Selamat datang kepada Dandim 0701 Pekalongan yang baru. Fadia berharap Letkol Inf Rizki Adiya betah di Kabupaten Pekalongan. “Selamat datang di Kabupaten Pekalongan. Di Kabupaten Pekalongan ini insya allah Abang akan betah. Karena Kabupaten Pekalongan ini nyaman, aman, masyarakatnya baik sekali dan sopan menurut saya, tidak ada huru-hara yang menakutkan. Forkompimda Kabupaten Pekalongan juga baik-baik semua. Saya yakin Abang akan beradaptasi dengan mudah,” ucap bupati.

Bupati memaparkan Kabupaten Pekalongan terdiri dari 19 kecamatan dengan 285 desa/kelurahan dan jumlah penduduknya hampir 1 juta jiwa. “Selamat datang, selamat bergabung dengan Keluarga Besar Kabupaten Pekalongan. Kekeluargaan kita alhamdulillah sangat baik. Oleh karena itu, saya yakin Abang akan beradaptasi dengan mudah,” ujar bupati.

Dandim 0710 Pekalongan, Letkol Inf Rizki Adiyta dalam sambutannya berharap dapat melanjutkan tugas yang sudah dilaksanakan Dandim sebelumnya. Sebelumnya Rizki bertugas di Papua, tepatnya di Manokwari Selatan. Sebelumnya juga pernah bertugas di Batalyon Infanteri 411 Salatiga. “Tugas di Papua memang sangat luar biasa dan alhamdulillah saya bisa kembali mengabdi di Tanah Jawa ini,” tutur ayah 2 anak itu.Rizki menyatakan siap bergabung dengan keluarga besar Kabupaten Pekalongan. “Semoga kami bisa membantu dalam melaksanakan tugas dari pemkab dan forkopimda lainnya dan seluruh masyarakat. Kami siap untuk membantu pemkab untuk mensejahterakan masyarakat,” ungkap pria berusia 40 tahun itu.

Dia memohon bimbingan dan arahan Bupati dan unsur forkopimda lainnya agar diingatkan jika ada kekurangpasan dalam pelaksanaan tugas. “Apabila kita nanti bersinergi, melaksanakan tugas dengan baik, semoga hasilnya bisa bermanfaat untuk Kabupaten Pekalongan,” harap Rizki.

Mantan Dandim 0710 Pekalongan, Letkol Inf CZI Hamonangan Lumban Toruan dalam sambutannya menyampaikan bahwa penggantinya, sebelumnya bertugas di Papua dan lama berdinas di pasukan. “Jadi kalau jebolan Papua itu, kalau menghadapi huru-hara itu sudah paten. Tidak ada kata mundur,” tutur Hamonangan.

Oleh karena itu dia yakin, seluruh pejabat, tokoh agama dan tokoh masyarakat akan menerima dengan baik Dandim baru.
Hamonangan menyatakan pamit dan memohon maaf kepada semua pihak, jika ada perbuatan atau tutur kata yang menyakiti atau melukai perasaan masyarakat Kabupaten Pekalongan. “Apa yang kami lakukan semata-mata mendukung program Kabupaten Pekalongan,” ujarnya.

Hamonangan mengaku banyak kenangan yang dirasakannya selama berdinas di Kabupaten Pekalongan. “Apalagi pada masa pandemi Covid-19 kemarin. Bagaimana kolaborasi, kerja sama kita, baik dari TNI, Polri, Dinkes, Satpol PP, Dishub, saya sangat hormat dan apresiasi setinggi-tingginya pada rekan-rekan semuanya” ujar Hamonangan.

Dia berharap kepada Dandim yang baru agar dapat menjaga keguyuban yang sudah terjalin. “Saya yakin seluruh OPD siap bekerja sama dengan Kodim 0170 Pekalongan,” kata Hamonangan.
Dia juga memohon do’a dari seluruh undangan yang hadir dan seluruh masyarakat Kabupaten Pekalongan agar dirinya diberikan kelancaran dalam melaksanakan tugas di tempat yang baru, di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dia juga membuka pintu yang seluas-luasnya untuk mampir apabila ada tugas ke Yogyakarta.

Dr. KH Syam’ani Syahroni, mewakili masyarakat Kabupaten Pekalongan menyampaikan terima kasih atas pengabdian dan perjuangan Mantan Dandim Hamonangan Lumban Toruan di Kabupaten Pekalongan dan mengucapkan selamat datang kepada Dandim yang baru Letkol Inf. Rizki Aditya berharap agar dapat meneruskan perjuangan Dandim sebelumnya. “Saya yakin lebih muda lebih berani,” ungkap Syam’ani. Dia juga berharap Dandim baru juga lebih familiar dengan masyarakat.*