Ribuan Warga Meriahkan Kirab Kerukunan Umat di Kota Pekalongan

Kota Pekalongan РRibuan orang baik dari jajaran forum kerukunan umat beragama (FKUB), peserta didik, tenaga pendidik, staff di lingkup kementrian agama (Kemenag) kota Pekalongan serta masyarakat setempat turut meramaikan kirab jalan kerukunan umat dalam rangka memperingati hari amal bakti (HAB) ke-77 kemenag RI, berlangsung di lapangan Mataram Kota Pekalongan, Sabtu (14/1/2023).

Rombongan kirab dilepas oleh Walikota Pekalongan, A Afzan Arslan Djunaid didampingi Wakil Walikota Pekalongan, Salahudin, Kepala Kantor Kemenag Kota Pekalongan, Kasiman Mahmud Desky, jajaran Forkompinda, ketua PKK kota Pekalongan, Inggit Soraya beserta ketua I PKK, Istiqomah serta tamu undangan lainnya. Kegiatan tersebut di meriahkan sejumlah penampilan yakni parade umat beragama, drumband, kesenian barongsai, pawai gunungan dan becak hias. Adapun rute kirab dimulai dari panggung penghormatan yakni pendopo lapangan Mataram dilanjutkan menuju Jalan Wilis, Jalan Sriwijaya, Jalan Permata, Jalan Rinjani dan Jalan Kurinci, kecamatan Pekalongan Barat.

Bacaan Lainnya

Walikota Pekalongan, yang akrab disapa Aaf mengapresiasi seluruh jajaran Kemenag atas terselenggaranya kegiatan ini yang mampu menyedot partisipasi ribuan masyarakat Kota Pekalongan, “Ramai sekali, di momen ini mari kita tunjukkan bahwa masyarakat kota Pekalongan kompak, tidak mengenal suku, ras, agama dan sebagainya,” katanya.

Ia mengungkapkan bahwa kerukunan ini tidak lepas dari peran tokoh maupun pemuka agama serta FKUB kota Pekalongan yang bisa menyatukan perbedaan menjadi sebuah kebersamaan, kedamaian dan kondusivitas, “Mudah-mudahan ini menjadi nikmat yang luar biasa untuk kota Pekalongan, kerukunan, kesigapan, kebersamaan kalau ada musibah sesama sodara, semua bergerak untuk menolong, ini menurut saya sangat luar biasa semoga mendapat hikmah, berkah semuanya dilancarkan,” ucap Aaf.

Sementara itu, Kasiman menyebutkan kurang lebih pihaknya menyediakan sebanyak 12ribu kupon untuk memeriahkan kirab jalan kerukunan umat HAB ke-77, “Tujuan kami tentu mensyukuri atas nikmat Allah bahwa kemerdekaan ini milik kita semua, kementrian agama merupakan bagian dari ini, mensyukuri bahwa apa yangg bisa kita berikan seperti keramaian, keberkahan sesuatu yang bisa dinikmati masyarakat terutama keceriaan,” terangnya.

Dalam kesempatan ini, disediakan sejumlah hadiah utama yakni tiket umroh, 5 voucher tanah kavling senilai @25 juta rupiah, 100 voucher tiket umroh @3 juta rupiah, serta hadiah hiburan lainnya diantaranya sepeda, kompor gas, televisi, kulkas, kipas angin dan lainnya.

Ia menambahkan dalam peringatan HAB ke-77, kantor Kemenag Kota Pekalongan juga telah menyalurkan sejumlah bantuan sosial, sumbangan, dan zakat kepada anak yatim, janda tua dan pensiunan Kemenag.

Melalui kegiatan ini, ia berharap bisa menjadi bukti bahwa kota Pekalongan mampu menjadi barometer kerukunan umat beragama dengan dukungan pemerintah daerah, forkopimda dan masyarakat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *