Ramadan Stok Darah di Kota Pekalongan Menipis

  • Bagikan

Kota Pekalongan – Di bulan Ramadhan, stok darah PMI Kota Pekalongan umumnya menipis akibat minimnya pendonor. Kebanyakan, para pendonor enggan untuk donor darah di bulan puasa dikarenakan khawatir akan berdampak buruk pada tubuh. Padahal, donor darah saat berpuasa nyatanya tidak membahayakan kesehatan.

Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI setempat, dr Ani Sri Rahayu saat ditemui di Kantor UDD PMI, Kamis (15/4/2021) memberikan empat tips yang bisa dilakukan masyarakat sebelum melakukan donor darah saat berpuasa yakni pertama, menyiapkan mental. Selain, kesiapan fisik penting bagi pendonor untuk mempersiapkan mentalnya. Kedua, jangan lupakan sahur. Sebelum melakukan donor darah pastikan mendapat asupan makanan dan minuman yang cukup ketika sahur.

Selanjutnya, pilih waktu yang tepat. Apabila pada saat akan melakukan donor darah takut lemas bila dilakukan pada siang hari atau saat berpuasa, maka pendonor bisa melakukan donor darah menjelang berbuka atau sesudah berbuka puasa.

Terakhir, banyak minum air putih. Disarankan agar banyak minum air putih sampai tiga hari ke depan usai donor untuk mengembalikan volume darah sepenuhnya. Jika sedang berpuasa, pemenuhan asupan cairan dapat dimaksimalkan usai berbuka puasa hingga menjelang imsak.

“Waktu yang ideal untuk melakukan donor adalah usai berbuka atau setelah tarawih. Karena biasanya masyarakat khawatir apabila dilakukan saat berpuasa takut pusing, karena kurangnya asupan tubuh. Sehingga, kalaupun terasa pusing setelah menyumbangkan darah, pendonor dapat langsung mengonsumsi makanan dan minuman,” katanya dikutip Dinkominfo Kota Pekalongan.

Terkait jam layanan selama Ramadhan, ia menuturkan bahwa tidak ada perubahan. Layanan di UDD PMI Kota Pekalongan tetap melayani selama 24 jam. Selain itu, selama bulan puasa UDD PMI akan menggelar kegiatan donor darah yang rencananya akan dilakukan pada pertengahan Ramadhan.

“Untuk menarik masyarakat, biasanya kami juga memberikan tambahan souvenir Ramadhan untuk pendonor. Apabila ada event atau kegiatan khusus, Kami juga tetap menerima permintaan donor darah keliling tentunya dengan tetap mengedepankan prokes. Dapat menghubungi nomor Whatsapp 085875463098 P2D2S – Aji,”pungkasnya.

Data per Kamis (15/4) stok darah di UDD PMI Kota Pekalongan sebanyak 35 kantong darah A, 30 darah B, 40 kantong darang O dan stok darah AB sebanyak 10 kantong.

  • Bagikan