Raih Nilai 87,91 Kinerja Pemkab Pekalongan 2016-2021 Dapat Predikat Baik

  • Bagikan

Inspektur Provinsi Jawa Tengah, Hendri Santoso, menyematkan predikat baik terhadap kinerja Bupati dan Wakil Bupati Pekalongan periode 2016-2021. Demikian dikatakanya saat memaparkan hasil pemeriksaan Akhir Masa Jabatan (AMJ) Bupati Pekalongan, di Aula Setda, Senin (5/4/2021).

Wakil Bupati Pekalongan Ir Arini Harimurti saat memberikan sambutan menuturkan, Ada tiga aspek yang dinilai dalam pemeriksaan tersebut, diantaranya aspek kesejahteraan masyarakat, aspkek penilaian umum serta daya saing daerah,

“Alhamdulillah kita sudah dengar dan cermati bersama, walaupun belum bisa mencapai hasil maksimal, namun demikian kita bisa mendapat nilai 87,91 yang berarti adalah baik,” katanya.

Menurutnya, capian ini merupakan capaian yang dicapai oleh organisasi perangkat daerah (OPD) yag ada di Kabupaten Pekalongan.

“oleh karena itu saya selaku wakil kepala daerah dan kepala daerah mengucapkan terimaksih kepada kawan-kawan yang ada di OPD yang telah bekerja dengan baik,” ujar Arini.

Dirinya meminta kepada seluruh OPD untuk terus bekerja optimal agar bisa mencapai nilai yang lebih tinggi lagi. Selain itu, hasil penilaian ini digunakan untuk periode berikutnya sebagai bahan untuk menyusun RPJMD ditahun yang akan datang.

“kesejahteraan masyaralat selama dua tahun ini turun, pelayanan umum juga turun, karena adanya pandemi. Saya harap kawan-kawan OPD ini mendukung kepemimpinan bupati dan wakil bupati terpilih,” pintanya.

Sementara itu, Inspektur Hendri menyampaikan, pemeriksaan Akhir Masa Jabatan dilakukan untuk mengevaluasi target capaian dan kinerja bupati dan wakil bupati atas visi misi yang dituangkan dalam RPJMD.

“Sasarannya adalah kinerja capaian RPJMD tahun 2016-2021 dari indikator kinerja daerah yang meliputi aspek kesejahteraan masyarakat aspek daya saing daerah dan aspek pelayanan umum. Pada RPJMD Kabupaten Pekalongan Tahun 2016-2021 terdapat 162 Indikator Kinerja Daerah (IKD) yang tercakup dalam tiga aspek tersebut,” paparnya.

Pada aspek kesejahteraan masyarakat, lanjut Hendri, hasil rata-rata capaian kinerja sebesar 91,97. Lalu, aspek daya saing dengan hasil rata-rata capaian kinerja sebesar 79,33. Dan pada aspek pelayanan umum dengan hasil rata-rata capaian kinerja sebesar 91,20.

“Dari ketiga aspek tersebut Pemerintah Kabupaten Pekalongan dalam merealisasikan kinerja mencapai skor 87,91, di mana skor 90 sampai 100 itu baik. Ini menunjukan predikat kinerja baik,” ujar Hendri Santoso.

 

  • Bagikan