Puncak Pilkades Serentak di Kabupaten Pekalongan Dilakukan Besok

KAJEN  – Pekalonganberita.com- Puncak perhelatan pesta demokrasi di tingkat desa atau pilkades serentak di Kabupaten Pekalongan akan berlangsung besok (Rabu (23/2).

“Setidaknya ada 73 kontestan calon kepala desa siap berlaga dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Kabupaten Pekalongan tahun 2022 ini,” kata Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Pekalongan, Toharno, Selasa (22/02/2022)

Dijelaskannya, pilkades serentak Kabupaten Pekalongan tahun 2022  ini dilaksanakan di 32 desa di 18 kecamatan. Berbeda dari sebelumnya atau pada tahun 2019 lalu, Pilkades kali ini diselenggarakan pada masa pandemi covid 19 sehingga ada penanganan khusus.

“Untuk itu pelaksanaan Pilkades 2022 harus mematuhi  protokol kesehatan seperti yang dianjurkan pemerintah. Dengan harapan penyelenggaraan Pilkades serentak ini tidak menjadi klaster baru. Dan tentunya bisa berjalan dengan lancar, aman dan sukses,” ungkapnya.

Toharno meminta pelaksanakan Pilkades serentak menjaga teguh prokes, seperti memakai masker, cuci tangan dengan sabun dan  mengantri di TPS.

“Setiap warga yang punya hak pilih dianjurkan datang ke TPS sesuai jadwal. Hal ini dalam rangka jaga jarak dan menghindari kerumunan. Setelah itu harus pakai sarung tangan yang telah disediakan oleh panitia dan dianjurkan membawa polpen sendiri. Ini untuk menghindari penularan covid 19 varian baru omicron.  Dan setelah melaksanakan hak pilihnya mereka harus segera pulang ke rumah masing-masing,” pesannya.