PSDKU Politeknik Negeri Jakarta Bakal Berdiri di Kota Pekalongan

Kota Pekalongan- Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) Politeknik Negeri Jakarta bakal berdiri di Kota Pekalongan.

Direncanakan PSDKU Politeknik Negeri Jakarta ini akan menghadirkan 41 program studi manufaktur. Ini sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Kota Pekalongan yakni meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Pekalongan.

Menindaklanjuti hal tersebut Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid SE menandatangani kesepakatan bersama antara Pemerintah Kota Pekalongan dan Politeknik Negeri Jakarta dan sosialisasi Prodi D4 Manufaktur di Ruang Jetayu Setda Kota Pekalongan, Jumat (5/8/2022).

Hadir Direktur Politeknik Negeri Jakarta, Dr Sc H Zainal Nur Arifin Dipl-Ing HTL MT, Wakil Direktur Bidang Akademik, Nunung Martina ST MSi, Wakil Direktur Bidang Umum dan Keuangan, Dr Titi Suhartati SE MM MAk Ak CA CPIA, dan para Staf Ahli Wakil Direktur, Sekretaris Direktur, serta seluruh perwakilan dari Politeknik Negeri Jakarta.

“Pemerintah Kota Pekalongan menyampaikan penghargaan yang setinggi- tingginya atas kerjasama antara PSDKU Politeknik Negeri Jakarta dengan Pemerintah Kota Pekalongan. PSDKU Politeknik Negeri Jakarta di Pekalongan menjadi cita-cita Pemerintah Kota Pekalongan dalam mewujudkan masyarakat yang berkualitas melalui pendidikan tinggi,” tutur Walikota Aaf.

Menurut Aaf adanya PLTU dan KITB berimbas ke Kota Pekalongan, lapangan pekerjaan terbuka lebar. Lulusan SMA dirasa kurang, sekarang pendidikan diharapkan minimal D3 atau S1, contohnya untuk bekerja di pebankan atau lingkungan Pemerintah Kota Pekalongan minimal juga D3 atau S1. Memang ada SMA tetapi sebagai klining servis, satpam, atau linmas.

“Adanya PSDKU Politeknik Negeri Jakarta di Kota Pekalongan ini harus betul-betul dimanfaatkan oleh masyarakat Kota Pekalongan dan sekitarnya, dengan status ijazah dan pendidikan yang sama tak perlu jauh-jauh berkuliah di Jakarta,” kata Aaf.

Lanjut Aaf menyebutkan berbagai prodi D4 atau Sarjana Terapan Manufaktur ditawarkan dan bisa menjadi pilihan masyarakat. “Persaingan dunia kerja yang sangat ketat harus diiringi dengan peningkatan pendidikan. Harapannya dengan adanya PSDKU Politeknik Negeri Jakarta di sini dapat meningkatkan kualitas SDM masyarakat Kota Pekalongan dan sekitarnya,” tukas Aaf.