Polres Pekalongan Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2021

  • Bagikan

KAJEN, PekalonganBerita.com – Kapolres Pekalongan AKBP Dr. Arief Fajar Satria, S.H., S.I.K., M.H., menjadi Inspektur  dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2021 yang dilaksanakan di halaman depan Mapolres Pekalongan, Kamis (23/12/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Pekalongan yang diwakili Sekda Kabupaten Pekalongan M. Julian Akbar, S.Sos. M.Si., Dandim 0710/Pekalongan yang diwakili Kasdim 0710 Pekalongan Letkol Inf. Raji, Kajari Kab. Pekalongan Abun Hasbullah S. S.H.,M.H., Wakapolres Pekalongan Kompol Riwayat Sosianto, S.H., M.Si., Ka Dishub Kab. Pekalongan Wahyu Kuncoro, Kadinkes Kab. Pekalongan Dr. Setiawan M.Kes., Kepala BPBD Kab. Pekalongan Budi Raharjo A.P, Para Kabag Polres Pekalongan, Para Kasat Polres Pekalongan, Kepala FKUB H. Mukhozin dan Para Kapolsek jajaran Polres Pekalongan.

Adapun peserta upacara terdiri dari anggota Sub Denpom Pekalongan, Kodim 0710/Pekalongan, Anggota Polres Pekalongan, Satpol PP Kab. Pekalongan, Dishub Kab. Pekalongan, BPBD Kab. Pekalongan, PMI Kab. Pekalongan, Dinkes Kab. Pekalongan, Senkom Kab. Pekalongan dan Pramuka.

Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, melalui amanatnya yang dibacakan Kapolres Pekalongan AKBP Dr. Arief Fajar Satria, S.H., S.I.K., M.H., menyampaikan bahwa pada hari ini telah dilaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin-2021 yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran Polri dengan tema “Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin-2021, kita tingkatkan sinergi Polri dengan Instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022” tentunya dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan.

Perayaan hari raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia untuk melaksanakan kegiatan ibadah, berkumpul, dan bersuka cita bersama dengan keluarga serta merayakan pergantian tahun di berbagai lokasi. Hal ini tentunya akan meningkatkan mobilitas dan aktivitas masyarakat, sehingga berpotensi menimbulkan 3 gangguan kamtibmas dan kamseltibcarlantas serta penyebaran pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, Polri dengan dukungan dari TNI, Pemerintah Daerah, dan pemangku kepentingan lainnya menyelenggarakan Operasi Lilin-2021 yang dilaksanakan selama 10 hari mulai tanggal 23 Desember 2021 s.d. 2 Januari 2022. Adapun pengamanan di fokus pada gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, obyek perayaan tahun baru, terminal, pelabuhan, stasiun KA, dan bandara.

Selain itu, pada satu minggu sebelum pelaksanaan operasi yaitu pada tanggal 17 s.d. 23 Desember 2021, Polri juga telah melaksanakan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) dan akan dilanjutkan kembali pada tanggal 3 s.d. 9 Januari 2021 untuk mengantisipasi peningkatan mobilitas masyarakat pra dan pasca Operasi Lilin-2021.

Perlu diketahui bahwa dalam rangka Operasi Lilin Candi 2021, pengamanan Natal dan Tahun Baru di wilayah Kabupaten Pekalongan, telah mengerahkan sebanyak 504 personel, 307 di antaranya dari jajaran Polres Pekalongan. Para petugas ini ditempatkan di empat pos pengamanan dan satu pos pelayanan terpadu yang ada di kawasan Internasional Batik Center (IBC) Wiradesa. Sedangkan empat pos pengamanan berada di Pait, Siwalan, exit tol Bojong, Kedungwuni, dan tugu nol, Kajen.

Untuk itu Kapolres Pekalongan berharap, sinergisitas antar pemangku kepentingan harus solid sebagaimana pesan Bapak Presiden Joko Widodo bahwa “Sinergitas dan soliditas antar lembaga menjadi kunci keberhasilan penanggulangan paripurna Covid-19,” ucap AKBP Arief.

  • Bagikan