PKP Angkatan IV Digelar di Pekalongan untuk Membentuk Pemimpin yang Melayani dan Berkinerja Unggul

Kota Pekalongan – Pekalonganberita.com– Guna memenuhi standar kompetensi manajerial dan mengembangkan kepemimpinan unggul bagi pejabat pengawas, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pekalongan bekerja sama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Jawa Tengah telah melaksanakan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan IV. Acara ini berlangsung di Pusdiklat Kospin pada Kamis, 8 Juni 2023.

Dalam pelatihan tersebut, Anita Heru Kusumorini, Kepala BKPSDM Kota Pekalongan, mengumumkan bahwa jumlah peserta PKP mencapai 30 orang yang berasal dari Sekretariat Daerah Kota Pekalongan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), RSUD Bendan, Kelurahan, dan Kecamatan. “Kami berusaha untuk memilih peserta yang dapat mewakili hampir semua OPD di Kota Pekalongan. Karena keterbatasan jumlah peserta, kami melaksanakan pelatihan secara bertahap. Harapannya, tahun depan kami dapat mengadakan diklat dengan kerjasama BPSDMD sehingga dapat melibatkan lebih banyak peserta. Jika kami mengirimkan hanya 5 orang, namun jika kami menyelenggarakan sendiri, kami dapat melatih hingga 30 orang,” jelas Anita.

Bacaan Lainnya
Beri Sambutan : Walikota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid, memberikan sambutan dalam acara Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan IV di Pusdiklat Kospin

Anita menjelaskan bahwa PKP berlangsung selama 104 hari, namun tidak semua kegiatan dilaksanakan secara tatap muka. Terdapat metode pembelajaran mandiri, pembelajaran online, dan praktik di masing-masing OPD. “Pelaksanaan PKP secara tatap muka akan dilaksanakan mulai tanggal 8 hingga 28 Juni 2023,” tambah Anita.

Tujuan utama dari PKP ini adalah meningkatkan kompetensi peserta dalam aspek manajerial dan pemerintahan. Anita berharap para peserta dapat meningkatkan kinerja mereka, menciptakan inovasi yang mampu meningkatkan efisiensi kerja, dan dapat memberikan manfaat kepada rekan-rekan mereka sehingga kinerja pemerintah Kota Pekalongan menjadi lebih baik.

Setelah memberikan pembukaan PKP, Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid, menyatakan bahwa peserta yang mengikuti kegiatan ini dipilih berdasarkan rekomendasi dari instansi masing-masing. “Kami memilih Sumber Daya Manusia (SDM) yang masih produktif dengan melihat prospek masa depan dan tentunya kami memprioritaskan mereka yang memiliki pemahaman dalam teknologi informasi,” tegas Aaf, panggilan akrab Walikota Pekalongan.

Aaf memberikan pesan kepada peserta agar mengikuti PKP dengan sungguh-sungguh sehingga dapat memberikan kontribusi yang baik dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat. “Selain melihat kinerja, saya juga ingin

melihat potensi akademis mereka dan mempertimbangkan penempatan aparatur sipil negara (ASN) sesuai dengan kemampuannya,” pungkas Aaf.

Dengan digelarnya PKP Angkatan IV ini, diharapkan pemimpin yang melayani dan berkinerja unggul dapat terbentuk di Kota Pekalongan, membawa perubahan positif dalam pelayanan masyarakat dan meningkatkan kualitas pemerintahan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *