Peringati Kemerdekaan, Bukur Gelar Gowes Charity Merdeka

Peringati Kemerdekaan, Bukur Gelar Gowes Charity Merdeka

KAJEN – Pemerintah Kabupaten Pekalongan lanjutkan dukungannya untuk seluruh desa di Kabupaten Pekalongan supaya melakukan gotong royong dan berinovasi guna terwujudnya masyarakat yang sehat, sejahtera dan maju.

Dukungan kali ini diberikan Pemkab Pekalongan kepada Desa Bukur, Kecamatan Bojong yang pada siang ini, Selasa (18/8/2020) menggelar acara Gowes Charity Merdeka 75 sebagai salah satu bentuk rangkaian acara peringatan HUT RI ke-75.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi menyampaikan bahwa di Desa Bukur memiliki empat potensi keunggulan desa yang cukup memadai yaitu berupa sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya sosial dan sumber daya finansial. Oleh karena itu Ia sangat optimis Desa Bukur dapat maju apabila bisa mengembangkan keempat potensi tersebut.

Peringati Kemerdekaan, Bukur Gelar Gowes Charity Merdeka

‘’Inilah kekuatan yang ada pada desa-desa di seluruh Kabupaten Pekalongan yang terus-menerus saya gelorakan dan saya sampaikan agar semua bergerak menuju kemandirian desa kemudian kesejahteraan desa,’’ terangnya.

Adapun keempat potensi strategis yang dapat dilihat di Desa Bukur untuk dilakukan pengembangan, lanjut Bupati Asip, yaitu sumber daya alam berupa daerah persawahan yang luas, hutan, sungai dan Bendungan Gembiro yang sudah dikenal masyarakat luas sebagai aset wisata di Bukur yang sangat strategis.

Selanjutnya adalah potensi sumber daya manusia dan sumber daya sosial di Bukur yang menurutnya sangat kuat. Hal itu dapat terlihat dari solidaritas dan kualitas masyarakat yang bergotong royong untuk memajukan Bukur bersama pemerintah desa untuk mengelola sumber daya yang ada dan tentunya didukung oleh sumber daya finansial dana desa yang diperoleh dari pemerintah pusat.

‘’Kemudian sumber daya finansialnya tentu dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada dan dikelola dengan sumber daya manusia yang memadai maka ini tentu akan meningkat disamping dana reguler dari pemerintah pusat berupa dana desa,’’ tuturnya.

Oleh karena itu Ia mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan pendampingan khusus kepada Desa Bukur untuk melakukan pengembangan potensi desa tersebut dengan menggandeng anggota Bumdes Desa Bukur.

‘’Oleh karena itu kami akan melakukan pendampingan khusus kepada desa-desa yang punya banyak potensi utamanya adalah dengan pendekatan optimalisasi pemanfaatan dana desa, agar nanti dana desa itu diswitch ke Bumdes kemudian Bumdes melakukan kerja-kerja yang punya skala ekonomi sehingga manfaatnya nanti untuk membangun desa,’’ tandasnya.

Dalam kesempatan membuka acara Gowes Charity Merdeka 75 ini Bupati Asip juga berpesan kepada seluruh peserta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan berjaga jarak dan menggunakan masker supaya kegiatan bisa berjalan lancar dan masyarakat tetap sehat.

‘’ Yang penting tetap jaga jarak dan pakai masker ya, karena sekarang kita sedang menghadapi situasi wabah virus Covid-19 sehingga semuanya wajib mematuhi aturan,’’ pungkasnya.(pekalonganberita,com)