Penerapan Protokol Kesehatan Saat Tarawih Bakal Disidak

  • Bagikan

Kota Pekalongan – Walikota dan Wakil Walikota Pekalongan bakal menggelar tarawih keliling (tarling) bulan Ramadan 1442 H ini. Dijadwalkan enam lokasi yang akan disambangi bersama jajaran Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Pekalongan. Tarling ini sekaligus untuk mengecek sejauh mana masyarakat menerapkan protokol kesehatan ketika menjalankan ibadah bulan Ramadan.

Hal ini diungkapkan Kepala Sub Bagian Mental Spiritual Kesra, Toro saat ditemui di Setda Kota Pekalongan, Rabu (14/4/2021). “Kami telah mengagendakan kegiatan tarling Walikota dan Wakil Walikota diikuti asisten dan kepala OPD (tidak semua),” tandas Toro dikutip Dinkominfo Kota Pekalongan.

Dijelaskan Toro bahwa saat tarling nanti akan disosialisasikan tentang protokol kesehatan sekaligus mengecek kondisi masyarakat dalam menerapkan anjuran pencegahan Covid-19 saat ibadah. “Ramadan tahun lalu tak diperbolehkan menggelar salat tarawih di masjid/musala. namun untuk Ramadan tahun ini, salat lima waktu, salat tarawih, dan salat idul fitri diperbolehkan digelar di masjid atau lapangan,” terang Toro.

Toro menekankan agar setiap masjid dan musala menekankan penerapan protokol kesehatan yakni para jemaah untuk jaga jarak, mengenakan masker. Pengurus masjid/musala juga diwajibkan untuk menyediakan tempat cuci tangan atau hand sanitizer.

“Tahun lalu belum diizinkan untuk ibadah di masjid atau musala tahun ini diperbolehkan dengan pembatasan kapasitas jemaah 50%,” tukas Toro. (pekalonganberita.com)

  • Bagikan