Pemkot Pekalongan Mulai Vaksinasi Covid-19 Bagi Lansia

Program Vaksinasi Covid-19 pada kelompok lanjut usia (Lansia) yang berusia 60 tahun ke atas sudah mulai dilakukan, salah satunya kelurahan Kauman, Kecamatan Pekalongan Timur. Setidaknya sejumlah 85-90 lansia mengikuti vaksinasi massal difasilitasi oleh Dinas Kesehatan Kota Pekalongan melalui UPTD Puskesmas Klego, berlangsung di Kantor Kelurahan Kauman, Selasa (16/3/2021).

“Untuk Kelurahan Kauman terdiri dari empat eks kelurahan yakni Keputran, Kauman, Sampangan dan Sugihwaras. pendataan warga kami lakukan melalui online, datang langsung ataupun dikoordinasi oleh RT/RW setempat,” ungkap Lurah Kauman, Mochamad Rifki saat ditemui di lokasi.

Rifki menambahkan, pelaksanaan Vaksinasi bagi lansia sudah mulai dilakukan sejak hari Senin (15/3). Dimana dilakukan di dua tempat yakni di RS Siti Khodijah dan Kantor Kelurahan Kauman. Menurutnya, antusias dan kesadaran warga cukup tinggi untuk mengikuti program Vaksinasi.

“Sejauh ini, belum ada yang mengeluhkan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Malah, mereka (Lansia) terlihat bahagia dan antusias. Untuk yang tunda vaksinasi, sementara saat ini baru lima warga,” terangnya.

Sementara itu, salah satu warga penerima vaksin, Winarsih (68), mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah memberikan kesempatan kepada para lansia untuk mendapatkan prioritas vaksinasi Covid-19. “Tidak sakit. Biasa saja, tidak merasakan apa-apa,”katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh Zaenal abidin (63). Ia mengatakan, vaksin ini ikhtiar pemerintah dalam menanggulangi penyebaran Covid-19. “Biasa saja, tadi waktu ditensi 140/90. Disuruh istirahat dan tarik nafas akhirnya turun 130/90 dan bisa divaksin. Tanggal 12 April untuk vaksin ke dua,” pungkas Zaenal.