Pemkab Toraja Utara Studi Tiru Penanganan Kemiskinan di Pekalongan

KAJEN – Pemerintah Kabupaten Toraja Utara (Torut) melakukan studi tiru terkait penanganan kemiskinan di Kabupaten Pekalongan belum lama ini.

Rombongan studi tiru Pemkab Torut diterima Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pekalongan M. Yulian Akbar, S.Sos., M.Si. bersama sejumlah perwakilan OPD di Kabupaten Pekalongan di Ruang Rapat Bupati Pekalongan.

Kunjungan studi tiru dari Kabupaten Toraja Utara bertujuan untuk berdiskusi dan berkonsultasi mengenai tata kelola manajemen penuntasan kemiskinan melalui inovasi Laboratorium Kemiskinan yang merupakan program unggulan Kabupaten Pekalongan.

Dalam pertemuan tersebut Sekda Akbar menyampaikan harapannya agar kegiatan tersebut tidak berlangsung sebagai seremonial saja, tetapi juga sebagai sarana belajar antar daerah.
“Kami juga ingin belajar dari kawan-kawan Toraja itu seperti apa, kita bisa saling sharing,” ujar Sekda.

Dia juga mengatakan bahwa pada pertemuan tersebut tidak hanya membahas Laboratorium Kemiskinan saja tetapi juga mengenalkan Aplikasi Kudu Sekolah kepada Rombongan Pemkab Torut karena menurutnya, Laboratorium Kemiskinan berkaitan erat dengan Aplikasi Kudu Sekolah.

Lebih lanjut, Sekda Akbar menuturkan bahwa selain tingginya kemiskinan, Pemkab Pekalongan juga menghadapi permasalahan tingginya angka anak tidak sekolah. Sehingga penuntasan anak tidak sekolah ini juga menjadi fokus Pemkab Pekalongan dalam upaya menuntaskan kemiskinan.

“Saya kira Laboratorium Kemiskinan ini akan beriringan dengan Aplikasi Kudu Sekolah. Kita meyakini pendidikan merupakan gerbang terdepan untuk memutus rantai kemiskinan,” ungkap sekda.