Pemkab Pekalongan Keluarkan Surat Edaran Tentang Wajib Pajak

KAJEN – Dalam rangka optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pemerintah Kabupaten Pekalongan mengeluarkan Surat Edaran (SE) Bupati tentang Kewajiban pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan dalam rangka optimalisasi Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Pekalongan.

 

Bacaan Lainnya

SE Nomor 971.11/02480 tersebut berisi himbauan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) agar membayar kewajiban pajaknya, khususnya Pajak Bumi dan Bangunan (PBB P2) sebelum jatuh tempo pada tahun berjalan, termasuk jika memiliki tunggakan.

 

Bupati Pekalongan melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Pekalongan, M. Yulian Akbar, S.Sos. M.Si. menyatakan bahwa ASN merupakan garda terdepan dalam pembangunan di daerah sehingga perlu dijadikan contoh dan teladan dalam pelaksanaan dan penegakan peraturan perundang undangan, termasuk kepatuhan mereka dalam membayar pajak, khususnya PBB P2.

 

Sekda menegaskan bahwa ASN yang dengan sengaja tidak membayar atau mempengaruhi orang lain untuk tidak membayar PBB P2 maka akan dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan Perundang undangan. “Saya tugaskan kepada para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di seluruh wilayah Kabupaten Pekalongan untuk memonitor dan memantau pelaksanaan surat edaran tersebut di instansi masing -masing serta melaporkannya kepada saya,” tegasnya.

 

Sementara itu, Kepada Badan Perencanaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Pekalongan, Casmidi, S.E, M.Si. ditemui pada Rabu (20/07/2022) mengungkapkan, SE ini merupakan salah satu terobosan atau inovasi untuk merangsang masyarakat agar patuh membayar pajak, khususnya PBB P2, mengingat target PAD khususnya PBB semakin ditingkatkan. “Kami berharap ASN Kabupaten Pekalongan bisa menjadi contoh bagi masyarakat atas kepatuhan dalam membayar pajak, sejalan dengan PP 94 Tahun 2021 tentang Disiplin PNS, dimana pada Pasal 3 huruf c disebutkan bahwa PNS wajib melaksanakan kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah,” terang Casmidi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *