Pandemi Covid, Pengaruhi Capaian RPJMD Bupati tahun 2016-2021

  • Bagikan

Adanya pandemi covid 19 menjadikan perencanaan dan penyelenggaraan program-program di pemerintahan menjadi terganggu, hal itu berdampak pada capaian-capaian pemkab dalam memenuh target RPJMD ( Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) periode 2016-2021.

Demikian disampaikan pejabat Sekda Kabupaten Pekalongan Ir. Bambang Irianto saat memberikan kata pengantar pada kegiatan Paparan Hasil Pemeriksaan AMJ Bupati Pekalongan Oleh Inspektorat Jawa Tengah yang dilaksanakan di Aula Setda, Senin (5/4/2021).

Menurutnya, Kendala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam dua tahun banyak program yang terpaksa tidak dilakukan karena adanya pandemi covid 19. sehingga antara penyelenggaraan dan perencanaan terganggu.

“dua tahun cukup berat bagi OPD dengan adanya refocusing, sehingga ini mempengaruhi capaian yang seharusnya diselesaikan pada masa jabatan bupati lima tahun ke belakang,” Ujarnya.

Dijelaskannya, setelah melakukan pemeriksaan, Inspektorat Jawa Tengah akan memaparkan hasilnya pada seluruh jajaran Pemkab.

“hari ini akan disampaikan hal yang menyangkut kinerja selama lima tahun, terutama tentang kinerja yang sudah dilakukan Bupati Pekalongan dan Wakil Bupati Asip Kholbihi dan Arini Harimurti yang dilakukan oleh OPD berkaitan program selama lima tahun kepemimpinan,” jelas Bambang.

Salah satunya, lanjutnya, terkait dengan penerapan standar pelayanan minimal. Sesuai dengan Permendagri Nomor 100 Tahun 2018 tentang Penerapan Standar Pelayanan Minimal.

“dalam RPJMD Kabupaten Pekalongan tahun 2016-2021, dimana telah disusun selama lima tahun telah dilaksanakan, salah satunya urusan wajib pelayanan dasar,” tambahnya.

Adapun, hasil-hasil yang akan dipaparkan merupakan kinerja semua pihak terutama penyelenggara pemerintahan.

“apa yang dipaparkan Inspektur Jateng akan menjadi dokumen yang akan ditindaklajuti pemerintahan, utamanya akan dilanjutkan dalam RPJMD lima tahun kedepan oleh bupati terpilih, dalam rangka memenuhi target-target pelayanan dasar masyarakat,” pungkasnya.

  • Bagikan