Operasi Pasar, Sasar Warga di Terminal Kota Pekalongan

Kota Pekalongan – Pekalonganberita.com Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) bekerjasama dengan Perum Bulog terus berupaya menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok dan ketersediaan pangan bagi masyarakat yang mengalami lonjakan terutama menjelang Puasa Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriyah/ 2024 Masehi.

Salah satu upayanya adalah menggelar Operasi Pasar Murah Sembako dengan sasaran komunitas pekerja yang beraktivitas dan warga yang tinggal di sekitar Terminal Tipe A Kota Pekalongan, Kamis (29/2/2024).

Bacaan Lainnya

Dalam operasi pasar murah ini disediakan 1000 paket terdiri dari 500 paket beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) seberat 5 kg dan 500 paket sembako berisikan beras SPHP 5 kg, 1 kg gula pasir, dan 1 liter minyak goreng.

Plt Kepala Dinperpa Kota Pekalongan, Tjuk Kushindarto melalui Kepala Bidang Ketahanan Pangan, Ani Kusumaningrum mengungkapkan bahwa, Operasi Pasar Murah ini digelar untuk menjaga harga pangan tetap stabil dan menekan inflasi daerah. Disamping itu, kegiatan ini bisa membantu meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan harian.

“Sebab, saat ini harga sembako seperti beras saat ini di pasaran masih tinggi sekitar Rp16.000,00 -Rp17.000,00. Kegiatan ini diharapkan bisa menstabilkan harga pangan dan menekan inflasi agar bahan pangan masih bisa dijangkau masyarakat,” tutur Ani.

Ani menegaskan, stok beras untuk wilayah Kota Pekalongan masih dalam kondisi aman dan tercukupi untuk beberapa bulan ke depan. Dalam operasi pasar ini, sasaran masyarakat yang sudah mengantongi kupon bisa menebus pembelian harga paket beras SPHP 5 kg seharga Rp51.500,00 dan sepaket sembako berisikan beras SPHP 5 kg, 1 kg gula pasir dan 1 liter minyak goreng dengan harga Rp83.000,00.

“Dinperpa bersama instansi terkait lainnya tengah mengkoordinasikan pelaksanaan kembali Operasi Pasar Murah maupun Gerakan Pangan Murah di sejumlah titik wilayah di Kota Pekalongan terutama dalam rangka menjelang Puasa Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri Tahun 2024,” tandasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *