Minimalisir Balon Udara Dan Petasan, Besok Forkompimcam Gelar Apel Pagi

  • Bagikan

Guna meminimalisir petasan dan balon udara yang biasa diterbangkan oleh masyarakat pada saat syawalan atau hari ketujuh setelah lebaran. Pemerintah Kabupaten Pekalongan melalui Forkompimcam akan melaksanakan apel untuk meminimalisir bahaya petasan dan balon udara.

Tidak hanya itu, apel yang akan diadakan pada Kamis (20/5/2021) sekitar pukul 05.30 pagi tersebut akan diikuti oleh PPKM mikro sehingga sampai ke tingkat desa.

“tadi sesuai kesepatakan kita akan adakan apel besok kamis, guna meminimalisir balon udara dan petasan khususnya di Kota Santri,” kata Asisten 1 Setda Kabupaten Pekalongan Totok Budi Mulyanto usai menggelar rapat lintas sektoral di ruang asisten 2, Rabu (19/5/2021).

Rapat kali ini diikuti oleh pewakilan dari dua kecamatan yang secara geografis masuk Kabupaten Pekalongan namun masuk wilayah hukum Polres Kota Pekalongan.

“sebelumya kita kita sudah melakukan rapat dengan otoritas bandara untuk Kecamatan Kedungwuni, Tirto, Wonokerto, Buaran, Wiradesa terkait balon udara,” tambahnya.

Di kecamatan tersebut memang ada budaya menerbangkan balon udara dan petasan.

“karena sudah budaya tidak mudah untuk menghilangkannya. Namun terus kita edukasi karena membahayakan keselamatan secara umum,” jelas Totok

Pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Tirto yang beberapa waktu yang lalu melaporkan dan menyerahkan petasan kepada petugas. Hal itu menunjukkan kesadaran masyarakat cukup tinggi terhadap bahaya petasan.

“Masyarakat sudah peduli untuk kemanan dan kenyaman warganya dari dampak negatif petasan dan balon udara. Semua berkeinginan agar keselamatan bersama dapat diwujudkan dan mendukung pemerintah,” ujarnya.

Totok menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga keselamatan dan kenyamanan pada saat syawalan.

“kita jaga bersama-sama dari dampak negatif petasan, balon udara dan covid 19,” pintanya.

 

 

 

 

  • Bagikan