Masyarakat Dihimbau Hati-hati, Banyak Ruas Jalan Berlobang

KAJEN- Kondisi musim hujan seperti saat ini tidak hanya rawan terjadi bencana, namun juga menyebabkan jalan-jalan di Kabupaten Pekalongan berlobang. Untuk itu masyarakat diminta berhati-hati saat berkendara.

Kondisi jalan yang tergenang menyebabkan jalan berlubang, hal itu lantaran kondisi jalan beraspal tidak akrab dengan air. Selain itu juga adanya draines yang kurang baik turut mempercepat kerusakan jalan khususnya saat kondisi hujan dengan intensitas lebat.

“Kerusakan jalan pada musim hujan merupakan kejadian yang menonjol saat ini, hal itu terjadi di beberapa ruas Jalan Nasional dan Propinsi dan sebagian Jalan Kabupaten,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pekalongan Wahyu Kuncoro, Selasa (2/2).

Untuk mengatasi hal tersebut, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Propinsi Jawa Tengah yang nantinya akan diteruskan ke instansi terkait khususnya ke Bina Marga Jawa Tengah untuk dilakukan penambalan dan di berikan rambu atau penanda pada ruas jalan yang berubang.

“Ada beberapa kerusakan jalan yang terjadi, yang paling menonjol diantaranya di ruas Jalan Wiradesa-Kajen hingga Kalibening, perbatasan Jalan Nasional yang menuju ke Semarang, jalan antara Kesesi dan Karanganyar juga banyak yang rusak,” paparnya.

Untuk itu, Wahyu menghimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati, pasalnya pada saat hujan, lubang jalan tidak terlihat sehingga perlu kewaspadaan.

“Beberapa laporan yang masuk, banyak pengendara yang terperosok di jalan, selain itu juga pada saat hujan licin. Kita harap masyarakat berhati-hati saat berlalu lintas, perhatikan penanda khusunsnya pada ruas jalan yang berlubang,” terangnya. (pekalonganberita,com)