Lebaran, Posko Pengaduan THR Tetap Buka

  • Bagikan

Kota Pekalongan – Menyambut Hari Raya Keagamaan Tahun 2021, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Perindustrian dan Ketenagakerjaan (Dinperinaker) setempat mendirikan posko pengaduan Tunjangan Hari Raya (THR) di kantor Dinperinaker Jalan Majapahit Nomor 14. Adanya posko ini dapat dimanfaatkan oleh perusahaan maupun pekerja untuk menyampaikan keluhan atau pertanyaan terkait pembayaran THR.

Pembangunan posko ini berdasarkan PP No 36 tahun 201 tentang Pengupahan, Permenaker No 6 tahun 2016 tentang THR Keagamaan bagi pekerja/buruh di perusahaan, dan Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan RI No M/6/HK.04/IV/2021 tentang Pelaksanaan Pemberian THR Keagamaan Tahun 2021 bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan.

Dimana THR wajib dibayar penuh dan tepat waktu dalam bentuk rupiah serta paling lambat 7 hari sebelum hari raya keagamaan.

“Bagi pengusaha atau buruh yang ingin bertanya terkait THR keagamaan yang wajib dibayarkan kepada pekerja bisa mendatangi posko ini,”ujar Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial, Priyetni SH diruang kerjanya, Selasa (11/5/2021).

Priyetni mengatakan, posko THR sudah mulai beroperasi mulai 26 April – 12 Mei. Selain pembentukan posko THR, langkah lain yang dilakukan yakni melakukan koordinasi dengan satuan pengawas ketenagakerjaan dan pemantauan pelaksanaan THR.

“Jika ada perusahaan yang melakukan pelanggaran-pelanggaran dan tidak sesuai dengan kesepakatan. Maka akan diberikan sanksi biasanya berupa teguran lisan disamping sanksi administratif. Hingga sampai saat ini, aduan yang disampaikan dapat terlesaikan dengan baik bagi kedua belah pihak melalui mediasi,”tuturnya.

Lanjutnya, pada saat lebaran, posko THR akan tetap beroperasi hingga 16 Mei dengan jam layanan mulai pukul 09.00 – 17.00 wib.

Pihaknya berharap, pandemi dapat segera berakhir dan aktivitas perekonomian dapat berjalan lancar. “Otomatis kalau usahanya lancar maka kesejahteraaan pekerja akan lancar,”pungkasnya.

  • Bagikan