Larangan Mudik, Dinhub Kabupaten Pekalongan Siapkan Tiga Posko

  • Bagikan
Kepala Dinhub Kabupaten Pekalongan Wahyu Kuncoro

Dinas Perhubungan (Dinhub) Kabupaten Pekalongan menyiapkan tiga posko yang nantinya akan digunakan untuk pengawasan di jalan terkait larangan mudik 2021.

Adapun tiga pos tersebut yakni di Siwalan, Perempatan Tugu Nol Kajen dan di IBC Wiradesa sebagai posko induk.

Penyiapan tiga pos tersebut masih dimungkinkan akan bertambah, guna melakukan penyekatan dan secara insidentil melakukan pemeriksaan kepada kendaraan yang dari luar kota.

Kepala Dinhub Kabupaten Pekalongan Wahyu Kuncoro mengatakan, sebelumnya pihaknya sudah melakukan pemantauan kondisi sarana dan prasarana jalan yang ada di wilayah Kabupaten Pekalongan, serta pemeriksaan kendaraan yang beroperasi.

“karena meski ada pelarangan mudik tapi masih memungkinkan ada penambahan jumlah masyarakat yang ada di Kota Santri,” katanya, Kamis (22/4/2021).

Dijelaskan Wahyu, setiap pelaku perjalanan harus mendapatkan ijin, jika wiraswasta harus mendapat ijin dari desa, sedang untuk ASN harus ada ijin dari pimpinannya.

“serta harus dilengkapi dengan surat atau sertifikat yang menunjukan bahwa yang bersangkutan sudah melakukan tes antigen atau geNose dengan hasil negatif,” terangnya.

“meski begitu, jika para pemudik tersebut dijumpai tidak sehat, maka dari tim kesehatan akan melakukan treatment tertentu untuk selanjutnya dilakukan karantina,” paparnya.

Ditambahkannya, mengembalikan pemudik ke daerah asal, adalah langkah kesekian. Yang pertama melihat persyaratanya, jika semua persyaratan sudah dijumpai masih memberikan kesempatan yang berkepentingan untuk perjalanan.

“dan jika belum ada dokumennya, maka disampikan untuk mengurus dokumennya dulu,” ujar Wahyu.

 

  • Bagikan