KPU Kabupaten Pekalongan Mulai Kosongkan Kotak Suara Pilkada 2020

  • Bagikan

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pekalongan mengosongkan isi kotak suara yang telah digunakan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pekalongan Tahun 2020, hari ini, Jum’at (26/3) di Kantor KPU Kabupaten Pekalongan Jl. Mandurorejo No. 84A Kajen.

Komisioner KPU Kabupaten Pekalongan, M. Ahsin Hana mengatakan, pengosongan kotak suara dilakukan mulai hari ini, Jum’at tanggal 26 Maret 2021 sampai dengan Selasa tanggal 30 Maret 2021.

Selanjutnya, untuk penghapusan surat suara, kotak suara dan bilik suara akan dilaksanakan 1 (Satu) bulan setelah pengucapan Sumpah/Janji Bupati dan Wakil Bupati Pekalongan dilaksanakan.

“sesuai pasal 36, untuk pengosongan isi kotak suara mulai hari ini sampai tanggal 30 Maret 2021. Sedangkan penghapusan surat suara, kotak suara, dan bilik suara akan dilaksanakan 1 (Satu) bulan pasca pengucapan sumpah/janji Bupati dan Wakil Bupati Pekalongan dilaksanakan” Ungkap Ahsin.

Sementara itu, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pekalongan memastikan pengosongan isi kotak suara tersebut telah sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 35 tahun 2018 tentang Pengelolaan Perlengkapan Pemungutan Suara dan Dukungan Perlengkapan Lainnya Pasca Penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Pemilihan Gubernur, Bupati dan/atau Walikota.

“Kami pastikan pengosongan isi kotak suara oleh KPU Kabupaten Pekalongan sesuai dengan aturan PKPU Nomor 35 Tahun 2018.” Ungkap Ketua Bawaslu Kabupaten Pekalongan, Ahmad Dzul Fahmi.

Fahmi juga menambahkan, disebutkan dalam pasal 37, bahwa pengosongan isi kotak suara oleh KPU dapat dilakukan apabila tidak terdapat sengketa dan/atau apabila terdapat sengketa yang telah memperoleh putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap.

“Sesuai dengan pasal 37, KPU dapat mengosongkan isi kotak suara karena di Pilkada 2020 Kabupaten Pekalongan tidak terdapat sengketa maupun sengketa yang telah memperoleh putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap” Tambahnya.

Pengosongan isi kotak suara tersebut dihadiri oleh Bawaslu Kabupaten Pekalongan dan perwakilan dari Polres Pekalongan.

 

  • Bagikan