KPU Gelar FGD Dan Evaluasi Pilkada 2020, Pandemi Menjadi Sorotan

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 telah usai, namun dalam perjalanannya masih ada catatan-catatan perbaikan bagi pelaksanaan pemilihan selanjutnya, baik yang catatan dari internal Komisi Pemilihan Umum (KPU) itu sendiri maupun catatan dari masyarakat yang terlibat langsung saat pelaksanaan Pilkada 2020.

Untuk itu, KPU Kabupaten Pekalongan melaksanakan Focus Grup Discussion (FGD) dalam rangka evaluasi tahapan Pemilihan Kepala Bupati dan Wakil Bupati Pekalongan 2020, di salah satu Hotel Pekalongan, Rabu (17/3).

“evaluasi ini meminta masukan dan saran kepada semua pihak yang terlibat dalam Pilkada Kabupaten Pekalongan 2020,” Kata Ketua KPU Kabupaten Pekalongan Abi Rizal.

Menurutnya KPU membutuhkan masukan dan saran dalam pelaksanaan Pilkada tersebut agar Pilkada ke depan lebih baik, baik dari segi perencanaan maupun pelaksanaan.

“salah satu kendala yang dihadapi adalah Pilkada 2020 dilaksanakan pada saat Pandemi, dan ini kondisi yang berbeda dari sebelumnya. Sehingga harus mencari formulasi yang tepat dan meggunakan protokol kesehatan yang ketat,” paparnya.

Diharapkan, dalam pelaksaan ke depan, agar lebih dicermati lagi baik dalam hal perencaaan maupun pelaksanaan sehingga lebih optimal.

“perencanaan harus matang, jangan terburu-buru. Semoga catatan selama pelaksanaan Pilkada 2020 bisa menjadi perbaikan untuk pelaksanaan serupa dikemudian hari,” pintanya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Anggota KPU Jawa Tengah Muslim Aisha, Perwakilan TNI/Polri, Perwakilan Pemkab, Para Camat, Perwakilan Tim Paslon 1 dan 2 serta para awak media.