Koperasi Umat Rejaning Karyo Perkuat Ekonomi Masyarakat

  • Bagikan

Bertempat di aula lantai I Setda kabupaten Pekalongan, Minggu (28/03) digelar rapat anggota tahunan Koperasi Konsumen Umat Rejaning Karyo. Koperasi ini lahir pada tanggal 10 November tahun 2020. Rapat anggota tahunan dihadiri oleh Sekretaris Menteri Koperasi dan UMKM RI Ir. Arif Rahman Hakim MS didampingi pejabat deputi perkoperasian, KH Ali Mashadi dari Mojokerto selaku wakil Rois Am Jatman, KH Ir, Aman Subagyo, Kolonel KH Hasbullah Ahmad , Ibu Wulan selaku Bendahara koperasi Konsumen umat rejaning karyo,Kadis Perindagkop UMKM Ir Hurip Budi Riyantini serta ketua DPRD Hj. Dra Hindun MH. Rapat anggota tahunan koperasi juga diikuti oleh pengurus dan anggota di seluruh Indonesia secara virtual, antara lain KH Khaerul Anwar (Kaltim),KH Yusuf Abdul Qodir (Bandung), KH Khaerul Murtazam (Madura), KH Hidayatullah (Pasuruan) dan dari beberapa daerah lainnya.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi SH.,M.Si selaku ketua koperasi sekaligus tuan rumah menyampaikan rapat anggota tahunan koperasi umat rejaning karyo digelar dalam rangka ikhtiar mengemban tugas yang mulia dari Maulana Habib Luthfi, yang sebagai guru beliau tidak hanya memberikan pencerahan secara spiritual tetapi juga memberikan penguatan nilai-nilai kebangsaan sekaligus yang ditopang dengan bagaimana memperkuat ekonomi masyarakat.

“Karena penguatan ekonomi adalah bagian penting dari penguatan nilai-nilai kebangsaan. Oleh karena itu, ikhtiar mulia beliau harus kita implementasikan dalam bentuk yang lebih konkret/nyata,” ungkap bupati

Menurutnya, salah satu bentuk yang dipilih adalah koperasi, yang diberi nama ‘Umat Rejaning Karyo’ dengan maksud agar ketika umat bekerja dengan keras dan halal,melalui institusi koperasi ini, maka diharapkan menjadi orang yang rejo ( gambaran dari situasi yang nyaman, terpenuhi kebutuhan spiritual/batiniah sekaligus jasmaniah).

“Inilah yang menjadi misi utama, oleh karena itu kepada seluruh pengurus dan anggota, monggo kita bersama sama membesarkan koperasi ini,” pintanya.

Dalam kesempatan itu Bupati juga menyampaikan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada kementerian koperasi dan UMKM RI yang sudah memberikan dukungan yang luar biasa melalui perijinan dan penguatan-penguatan kelembagaan di koperasi tersebut.

“Walaupun kami sadar masih banyak yang harus dikerjakan karena koperasi ini baru seumur jagung. Tapi InsyaAlloh kalau melihat semangat kawan-kawan dari seluruh Indonesia, saya meyakini bahwa sesuai dengan amanat Beliau, koperasi ini kelak akan menjadi salah satu koperasi yang besar. Besar tidak hanya sec ara kuantitas tetapi juga memberikan manfaat untuk seluruh rakyat,”tegasnya.

Sekretaris Menteri Koperasi dan UMKM RI Ir Arif Rahman Hakim MS dalam sambutannya menyampaikan bahwa di Kementrian Koperasi dan UMKM sudah melakukan penyesuaian organisasi agar bisa melaksanakan mandat PP no.7 tahun 2021 tentang kemudahan perlindungan dan pemberdayaan koperasi dan usaha kecil menengah. Ada 4 deputi yang membidangi perkoperasian. Tema besar yang diusung adalah mewujudkan koperasi modern.

“ Mudah-mudahan nanti di Pekalongan ada koperasi yang bisa mengikuti kegiatan percontohan menjadi koperasi modern dan tahun depan mudah-mudahan koperasi umat rejaning karyo sudah menjadi koperasi yang besar,”ucap Arif.

Di dalam mengusung mandat PP no.7 tahun 2021, lanjutnya, ada kegiatan-kegiatan prioritas yang diharapkan nanti bisa bersinergi dengan kegiatan koperasi konsumen umat rejaning karyo dalam rencana kerja ke depan.

“Yang pertama, kegiatan untuk penanggungan biaya pembinaan dan pendampingan usaha mikro dalam perijinan juga dalam bantuan hukum. Ini ada di deputi usaha mikro. Yang kedua, kegiatan infrastruktur public untuk tempat pengembangan usaha dan promosi UMKM. Tentu koperasi kita ini juga bisa turut andil di dalam mendampingi anggota-anggotanya supaya bisa mengakses infrastruktur public baik di rest area jalan tol, stasiun, bandara,”jelasnya.

Kemudian yang ketiga adalah kebijakan implementasi alokasi 40 % belanja pengadaan barang jasa pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemda, bagi produk-produk usaha mikro dan usaha kecil.

Selanjutnya Arif Rahman menyampaikan apresiasi kepada koperasi konsumen umat rejaning karyo dan ia berharap dalam waktu yang tidak lama akan bisa menjadi koperasi ysng kuat, berdaya saing, mampu membawa kesejahteraan para anggotanya.

Sementara itu KH Ali Mashadi selaku penasehat koperasi umat rejaning karyo berpesan lewat koperasi tersebut kita bangun 2 (dua) tugas amanat dari lagu kebangsaan Indonesia (Bangunlah jiwanya). “ Kita membangun jiwa manusia supaya jadi baik sehingga nanti kehidupannya akan berakhlakul karimah. Dan juga kita tak ketinggalan bangunlah badannya.” tuturnya.

  • Bagikan