Kasus Melonjak, Bulan Juni 59 Jenazah Covid Dimakamkan

  • Bagikan

Penambahan kasus covid yang terjadi pada Bulan Juni sangat signifinikan, tidak hanya rumah sakit yang banyak menerima pasien, namun juga tim pemakan covid yang harus bekerja keras memakamkan jenazah.

Kepala Badan Penanggulangan bencana Daera (BPBD) Kabupaten Pekalongan, Budi Raharjo mengatakan, pada bulan Juni ini sampai tanggal 21, tim pemakaman covid 19 Kabupaten Pekalongan telah memakamkan 59 jenazah.

“untuk hari ini saja sampai jam 10.00 wib, kita sudah ditunggu untuk memakamkan 5 jenazah, dua diantaranya yakni yang ada di Sragi dan Kesesi sudah kita makamkan, sedang yang tiga yakni di Kajen, Karangdadap dan Siwalan masih menunggu,” katanya saat Rapat Satgas Covid 19 Kabupaten Pekalongan di aula lantai 1 setda, Senen (21/6/2021).

Dikatakan Budi, tim pemakaman covid melaksanakan tugas sejak bulan April, sampai bulan Juni ini sudah memakamkan 90 jenazah.

“pada bulan April hingga Mei kita hanya memakamkan 31 jenazah, namun karena bulan juni ini melonjak, hingga tangga 21, kita sudah memakamkan 59 jenazah,” terangnya.

Budi menambahkan, kendala yang dihadapi para relawan saat ini diantaranya jumlah armada yang terbatas. Apalagi jika jarak pemakaman yang berdekatan.

“untuk tim kita bentuk empat tim, setiap tim masing-masing 12 orang, 10 dari relawan dan 2 dari unsur babinsa dan babinkamtibmas. Jumlah armada kami di BPBD hanya punya 2, dan alhamdulillah sekarang dibantu Perkim LH 1 serta dibantu armada dari PMI dan Bagana,” jelasnya.

  • Bagikan