Gerakan Pramuka Dituntut Mampu Sesuaikan Perkembangan Zaman

  • Bagikan
Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Pekalongan Ir. Bambang Irianto saat membuka kegiatan, Latihan Pengembangan Kepemimpinan (LPK) Tahun 2021, yang diselenggarakan di Bumi Perkemahan Linggo Asri Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan, Jumat (2/4).

Perkembangan teknologi saat ini berkembang begitu cepat, untuk itu Gerakan Pramuka, dituntut mampu menyesuaikan perkembangan teknologi informasi agar bisa selaras dengan perkembangan zaman.

Meskipun begitu, tuntutan tersebut jangan sampai meninggalkan institusi dasar maupun metode kepramukaan yang telah menjadi ciri khas pendidikan kepanduan di Indonesia.

Demikian Disampaikan Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Pekalongan Ir. Bambang Irianto saat membuka kegiatan, Latihan Pengembangan Kepemimpinan (LPK) Tahun 2021, yang diselenggarakan di Bumi Perkemahan Linggo Asri Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan, Jumat (2/4).

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari yakni dari tanggal 2 hingga 4 April 2021.

“saya harap teman-teman pramuka bisa menyesuaikan tuntutan zaman, namun tetap membekali ketrampilan pramuka dasar seperti ketrampilan tali-temali, semaphore dan lainnya. Ditambah pengetahuan pendukung seperti literasi digital/media, public speaking dan pengetahuan lainnya yang perlu diketahui, karena sekarang eranya digital,” katanya.

Dirinya sangat mendukung kegiatan tersebut, menurutnya dengan itu bisa meningkatkan sumber daya manusia (SDM) sebagai langkah awal untuk mencetak kader-kader pemimpin yang berada di gugus depan baik di SMA/SMK/MA nya masing-masing.

“namun ingat, saat ini masih dalam masa pandemi, jadi protokol kesehatan harus dijaga ketat,” pintanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Ilmam Amin Nurdin menuturkan LPK tahun 2021 diikuti oleh perwakilan Dewan Kerja Ranting (DKR) dari gugus depan SMA/SMK/MA.

“Tujuannya untuk menjalin silaturahmi antara Dewan Kerja Cabang dengan gugus depan, saka dan DKR yang ada Di Kabupaten Pekalongan,” ujarnya.

“selain itu, untuk mengembangkan kader kepemimpinan pramuka di Kabupaten Pekalongan. Dengan memberikan materinya disesuaikan dengan masalah kepramukaan, kepemimpinan, dan tambahan literasi digital dan public speaking,” tambahnya.

Ilham berharap, para peserta yang mengikuti kegiatan ini, dapat menerapkan segala ilmu yang di dapat, dan menyampaikan kepada teman-temanya di gugus depan yang belum bisa berkesempatan mengikuti kegiatan ini.

“kegiatan LPK ini merupakan kegiatan dua tahunan, tahun depan bisanya kita selingi dengan kegiatan Kursus Pengelolaan Dewa Kerja (KPDK). Semoga apa yang mereka dapatkan bisa bermanfaat di gugus depannya masing-masing,” harapnya.

  • Bagikan