Festival Balon Tambat Bakal Digelar April Mendatang

Kota Pekalongan – Festival Balon Tambat menjadi momen yang ditunggu-tunggu masyarakat Kota Pekalongan. Kabar gembira, pada April 2023 ini bakal dihelat Festival Balon Tambat di Kota Pekalongan setelah terakhir tahun 2019 digelar. Memang tahun lalu ada festival balon namun diselenggarakan oleh Komunitas Balon karena Pemerintah Kota Pekalongan maupun Airnav meniadakan kegiatan ini sebab pandemi.

Tahun ini Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dinparbudpora) bekerja sama dengan Airnav mempersiapkan kegiatan ini. “Ada yang berbeda dengan festival kali ini, festival akan digelar dengan dua tahapan. Pertama seleksi di tingkat kecamatan pada tanggal 24-25 April 2023. Nanti masing-masing kecamatan dipilih 10 tim,” terang Kepala Dinparbudpora Kota Pekalongan, Muhammad Sahlan SH MM saat ditemui di Kantor Dinparbudpora, Kamis (19/1/2023).

Bacaan Lainnya

Lanjut Sahlan menjelaskan bahwa dari hasil seleksi tiap kecamatan total ada 10 tim, setelah itu istirahat sehari untuk mempersiapkan atau memperbaiki balon dan pada tanggal 27 April akan digelar di tingkat Kota Pekalongan. “Kalau tidak ada perubahan rencana akan kamu gelar di Lapangan Mataram. Kami berharap kegiatan ini dapat berjalan lancar dan meriah, Pemerintah Kota Pekalongan siap mendukung kegiatan ini,” kata Sahlan.

Sementara itu, Ketua Komunitas Sedulur Balon Pekalongan, Priyadi menceritakan bahwa pihaknya telah diundang untuk koordinasi dengan Dinparbudpora. “Alhamdulillah festival balon ini sudah masuk dalam agenda kegiatan Pemkot Pekalongan melalui Dinparbudpora. Festival balon ini dilombakan seperti tahun-tahun sebelumnya,” tutur Priyadi.

Priyadi berharap untuk lokasi kegiatan ini bisa nyaman untuk menambatkan balon dan untuk penonton. “Harapannya festival balon tahun ini bisa diselenggarakan lebih baik, kami masih akan mengevaluasi dan memperbaiki kekurangan festival sebelumnya,” tandas Priyadi.

Priyadi meminta teman-teman Komunitas Sedulur Balon Pekalongan untuk mulai membuat konsep dari sekarang agar hasilnya lebih maksimal.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *