Fadia : Kesehatan dan Pendidikan Gratis Serta Infrastruktur Setara

  • Bagikan

KAJEN, PekalonganBerita.com – Bupati Pekalongan Fadia Arafiq mengungkapkan, untuk terus menggenjot pembangunan di Kabupaten Pekalongan, aksi yang akan dilakukannya adalah untuk bidang pendidikan dan kesehatan bakal digratiskan. Sedang di bidang infrastruktur pembangunannya dilakukan setara tanpa ada ketimpangan.

Dijelaskannya, di bidang pendidikan pihaknya akan menekan konsumsi masyarakat di bidang pendidikan dengan pelayanan sekolah gratis. Salah satunya melalui pemberian seragam gratis bagi anak sekolah.

“Selanjutnya peningkatan sarana prasarana pendidikan. Kemudian peningkatan kualitas dan kuantitas tenaga kependidikan dengan peningkatan kompetensi tenaga pengajar, serta mengatasi angka putus sekolah melalui program KUDU Sekolah (Gerakan Kembali Upayakan Dukungan untuk sekolah),” paparnya dalam Pembekalan Kepemimpinan Pemerintahan Dalam Negeri bagi Bupati/Wakil Bupati dan Wali Kota/Wakil Wali Kota dari Ruang Rapat Bupati Pekalongan, Kamis (21/10/2021).

Di bidang kesehatan, rencana aksi akan mengandalkan strategi peningkatan cakupan layanan kesehatan, termasuk pelayanan kesehatan gratis untuk mencapai Universal Health Coverage.

“Dari sisi peningkatan sarana prasana kesehatan akan kami programkan untuk meningkatkan puskesmas menjadi rumah sakit Type D,” tuturnya.

Sementara pada bidang Infrastruktur dan tenaga kerja, pihaknya akan melakukan peningkatan dan pemeratan pembangunan jaringan jalan, sehingga tidak ada lagi ketimpangan antar wilayah kecamatan atas maupun kecamatan bawah. Kemudian penyediaan dan rekrutmen SDM teknis terkait infrastruktur yang dirasakan masih kurang mencukupi.

“Selanjutnya kami akan laksanakan penanganan banjir rob dengan pembangunan tanggul rob di wilayah pesisir, agar tidak terulang lagi bencana rob di wilayah Kabupaten Pekalongan. Dan guna mengurangi pengangguran, kami akan Optimalisasikan Balai Latihan kerja dalam meningkatkan kompetensi tenaga kerja di Kabupaten Pekalongan,” pungkasnya.

  • Bagikan