Enam Desa Masuk Nominasi Aku Hatinya PKK Kabupaten Pekalongan

KAJEN – Enam desa terbaik terpilih dalam lomba Aku Hatinya PKK tingkat Kabupaten Pekalongan. Verifikasi lapangan penilaian lomba ini di mulai sejak hari senin kemari hingga kamis tanggal 21 – 24 November 2022. Desa tersebut meliputi Desa Bubak Kecamatan Kandangserang, Desa Karanganyar Kecamatan Tirto, Desa Tunjungsari Kecamatan Siwalan, Desa Mendolo Kecamatan Lebakbarang, Desa Karangrejo Kecamatan Kesesi dan Desa Sumublor Kecamatan Sragi.

Ketua TP PKK kabupaten Pekalongan Ny Hj Widi Riswadi dalam sambutannya mengatakan jangan hanya terfokus pada lomba, buat kesempatan ini untuk bisa menggali potensi masyarakat. “Berikan motivasi kepada masyarakat agar selalu melaksanakan program kegiatan desa dengan baik tanpa melupakan pentingnya kesehatan.” Katanya.

Lebih lanjut Hj Widi mengatakan Mari kita upayakan untuk bersama untuk menggerakkan masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan yang bersih dan sehat demi kesehatan diri sendiri, keluarga dan orang – orang di sekitar kita. “Berikan motivasi kepada masyarakat untuk dapat memanfaatkan pekarangan atau halaman rumah bahwa pemanfaatan pekarangan atau halaman rumah dapat menambah keindahan lingkungan, keasrian lingkungan, pemenuhan gizi keluarga dan meningkatkan ekonomi keluarga.” Katanya.

Sementara itu ketua rombongan Ny Pasri Astuti Kenedi mengatakan Aku Hatinya PKK adalah Amalkan, Kukuhkan, Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman. Hatinya PKK merupakan suatu gerakan masyarakat untuk memanfaatkan halaman atau pekarangan di sekitar.

“Dengan memanfaatkan pekarangan untuk ditanami tanaman produktif, tanaman hias, tanaman toga maupun sayuran sehingga dapat memperindah halaman dan menambah kenyamanan rumah. Untuk tanaman sayuran dan buah- buahan dapat bernilai ekonomis berguna untuk meningkatkan pendapatan keluargaenghimbau untuk merawat lingkungannya.” Katanya.