Empat Ribu Mangrove Ditanam, Puluhan Warga Peduli Lingkungan Ajak Jaga Alam

KAJEN – Sebanyak empat ribu bibit tanaman mangrove ditanam di Pantai Wonokerto Kabupaten Pekalongan tadi pagi (6/9). Aksi tersebut dilakukan untuk menjaga sekaligus mengajak masyarakat untuk peduli lingkungan.
Wakil Bupati Pekalongan Arini Harimurti mengatakan, pihaknya secara pribadi maupun pemerintah daerah mengucapkan terimakasih kepada semua pihak atas terselenggarannya kegiatan ini dengan baik. Hal tersebut, menunjukkan adanya kepedulian terhadap keseimbangan alam terutama dalam pencegahan terjadinya abrasi.


“Saya bangga sekali kepada LSM Pekalongan Peduli, Pemuda Pancasila, para pemuda dan TNI yang telah berinisiatif untuk menanam mangrove di pantai daerah Wonokerto. Tentunya ini membanggakan sekali, karena tidak hanya sekedar ngomong atau retorika, tetapi sebuah aksi nyata untuk Kabupaten Pekalongan ini,” tutur Wabup Arini yang didampingi Kepala Dinas Kelautan Kabupaten Pekalongan Sirhan.


Arini berharap aksi yang digelar ini tidak berhenti di sini, tetapi nantinya akan ada aksi-aksi lanjutan lebih bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Pekalongan. Dan selanjutnya nantinya tumbuh organisasi-organisasi serupa yang peduli dengan daerah khususnya di bidang lingkungan.
“Sebagaimana diketahui bahwa mangrove sangat efektif untuk menanggulangi abrasi dalam jangka waktu yang lama. Memang kalau untuk jangka waktu yang pendek mungkin belum efektif tetapi harapan kita nantinya abrasi yang ada di Kecamatan Wonokerto khususnya, akan bisa terkurangi,” tandasnya.


Penasehat LSM Pekalongan Peduli M Burhannudin mengatakan, terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung rutinitas Pekalongan Peduli yang memang sudah dilakukan secara berkesinambungan sejak tahun 2012.
“Kami sebagai mitra masyarakat memberikan perhatian untuk masa depan anak cucu, untuk menikmati indahnya pantai ke depan. Dengan kekompakkan ini, dimanapun dan kapanpun berada bisa memberikan hal terbaik,” ucapnya.


Anggota DPR Kabupaten Pekalongan Candra Saputra yang juga menjabat sebagai Ketua Pemuda Pancasila mengatakan pihaknya sangat mendukung adanya kepedulian berbagai elemen dalam pelestarian alam.
“Saya sebagai anggota DPR akan berusaha mendorong agar anggaran yang ada di Pemkab Pekalongan bisa mendukung atau kontribusi dengan muara pembangunan daerah. Apalagi kegiatan semacam ini manfaatnya dirasa sangat diperlukan,” katanya bersama sang istri yang juga menjabat anggota DPR di Kota Santri yakni Shinanta.
Hadir dalam kesempatan tersebut tokoh masyarakat di Kota Santri yakni Amat Antono, tokoh pemuda Wonokerto Heriyono Tardjono. (Pekalonganberita,com)