DPMPTSP Kabupaten Pekalongan dan Kantor Imigrasi Pemalang Adakan Pangling

KAJEN – Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Pemalang bekerjasama dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pekalongan kembali adakan kegiatan Paspor Keliling (PANGLING). Kegiatan tersebut dilakasanakan di Kantor DPMPTSP Kab. Pekalongan dari 09.00 – 12.00, pada Senin (19/9).

PANGLING sendiri merupakan agenda rutin yang diadakan oleh Kantor Imigrasi Pemalang. Disampaikan oleh Anas Fatoni, S.H selaku Verifikator dari Kantor Imigrasi Pemalang bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Pekalongan agar lebih dekat tanpa harus mengurus ke Kantor Imigrasi yang ada di Kabupaten Pemalang.

“Tujuan dari kegiatan PANGLING ini adalah untuk mendekatkan pelayanan kita kepada masyarakat di wilayah kabupaten pekalongan”, tutur Anas saat ditemui oleh tim RKS.

Anas sapaan akrabnya juga menambahkan bahwa target untuk setiap kegiatan PANGLING sekitar sepuluh pemohon. Pemohon yang datang memiliki kepentingan yang bermacam-macam, ada yang ingin membuat paspor baru, perpanjang masa berlaku paspor dan ada juga yang mengurus paspor untuk kepentingan umroh.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelayanan Perijinan Maria Goretti Krisnurendah, S.E bahwa mayoritas pemohon yang datang adalah untuk mengurus paspor untuk persyaratan umroh ke tanah suci. Untuk antusias masyarakat terkait kegiatan PANGLING ini masih banyak pada bulan kemarin karena memang bulan kemarin banyak yang mengurus untuk pergi Umroh.

“Untuk antusias masyarakat hari ini lebih sedikit dibanding bulan kemarin, karena memang bulan kemarin banyak yang mengurus untuk pergi umroh” Tutur Maria.

Iin Juga berharap bahwa kegiatan ini kedepannya ada waktu yang sudah ditetapkan. Misalnya di pekan ke berapa setiap bulannya, agar masyarakat bisa lebih tau terkait adanya kegiatan pembuatan paspor keliling yang diadakan oleh Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Pemalang.

Puspa salah satu warga desa Sangkanjoyo, Kecamatan Kajen mengaku senang dengan adanya program pangling yang diadakan oleh kantor imigrasi Pemalang karena pelayanannya yang ramah dan cepat.

“Disini sangat mudah untuk membuat paspor atau memperbarui paspor yang sudah ada, orangnya ramah-ramah dan cepat”, tutur puspa sambil tersenyum.

Sampai saat ini kegiatan paspor keliling di Kantor DPMPTSP Kab. Pekalongan sudah diadakan sebanyak tiga kali.