Dinkominfo Bakal Susun Roadmap SMKI

Kota Pekalongan – Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Peklaongan bakal menyusun roadmap Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) untuk melindungi kerahasian (confidentialy), menjaga keutuhan (integrity), dan memastikan ketersediaan (availabilty) aset informasi. Maksud dan tujuan penyusunan roadmap ini yakni menyusun strategi dalam pencapaian standar sistem keamanan informasi di Pemerintah Kota Pekalongan.

Hal ini disampaikan Sekretaris Dinkominfo Kota Pekalongan, Drs Kisworo Poso MSi usai membuka sosialisasi SMKI di Broadband Learning Center (BLC) Dinkominfo Kota Pekalongan, Kamis (16/1/2020). “Ini untuk memetakan langkah-langkah kegiatan yang akan ditempuh agar lebih terarah, terstruktur, dan terukur dalam memperoleh standar sistem keamanan sistem informasi,” terang Kisworo dikutip Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan.

 

Menurut Kisworo, kegiatan sosialisasi SMKI ini sangat penting. Keamanan informasi untuk melindungi komputer dan non peralatan komputer, fasilitas, data, dan informasi dari penyalahgunaan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Keamanan informasi dimaksudkan untuk mencapai kerahasiaan, ketersediaan, dan integritas di dalam sumber daya informasi.

“Hari ini kami hadirkan narasumber dari Gamatechno Yogyakarta yang telah bekerja sama sejak 2019 lalu untuk menyusun roadmap system keamanan informasi. Dengan demikian harapannya Dinkominfo Kota Pekalongan dapat memperoleh sertifikat ISO 27001 Information Security,” pungkas Kisworo. (Pekalonganberita,com)