Citra Institute Gandeng OJK Lakukan Penyuluhan Restrukturisasi Kredit

  • Whatsapp

– Stimulus Perekonomian Di Tengah Pandemi

PEKALONGAN- Imbas adanya pendemi virus corona atau covid-19 sangat dirasakan oleh masyarakat, utamanya memukul sektor perekomian. Hal itu sebagai akibat kebijakan social dan physical distancing yang membuat pendapatan masyarakat otomatis berkurang sehingga kondisi perekonomian pun terganggu. Sehingga berdampak banyak warga kesulitan melakukan pembayaran kredit.

Bacaan Lainnya

Guna memberikan solusi terhadap situasi ini, Pemerintah melakukan berbagai cara untuk menstimulus perekonomian masyarakat salah satunya melalui restrukturisasi kredit.
Citra Institute Bersama Tim Setia Prof. Hendrawan Supratikno mengadakan penyuluhan dengan menggandeng Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait stimulus OJK, diantaranya mengenai restrukturisasi kredit. Kegiatan ini dilakukan Secara door to door, dengan menyasar beberapa titik di Pekalongan.

“Tujuan kegiatan ini untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat yang bekerja di sektor informal. Diawali dengan melakukan penyuluhan mengenai pencegahan Covid kemudian dilanjutkan dengan Penyuluhan Stimulus OJK diantaranya Restrukturisaasi Kredit, serta berbagi bingkisan sembako,” kata perwakilan Tim Setia Prof. Hendrawan Supratikno, kepada awak media, Jumat (15/5/2020).

Dijelaskan, restrukturisasi kredit merupakan keringanan pembayaran cicilan pinjaman di bank atau leasing. Restrukturisasi kredit ini merupakan hal baru bagi masyarakat sehingga masih banyak masyarakat yang kurang memahami seluk beluk sehingga perlu diberikan penyuluhan mengenai Restrukturisasi kredit.

“Dampak pandemi Virus Covid 19 ini, bank diberi kesempatan untuk restrukturisasi kredit. Bank diberi kesempatan untuk menawarkan penundaan pembayaran bunga, pembayaran jangka waktu, pembayaran pokok. Tapi perlu digaris bawahi masyarakat harus memahami dan menyikapi secara bijak peraturan OJK no 11 tahun 2020 tentang relaksasi dan stimulus terutama bagi restrukturisasikredit bagi pemiliki pinjaman,” katanya.

Lembaga pembiayaan, perbankan tidak hanya lakukan restrukturisasi kepada debitur yang bermasalah karena tidak bisa mengangsur, tetapi lembaga pembiayaan dan perbankan juga harus lakukan keberpihakan kepada pelaku usaha atau perusahaan yang masih bisa berproduksi.

Sementara itu salah satu warga Wonokerto, M Ubaidilah (35) mengaku senang dengan kedatangan dari Citra Institute Bersama Tim Setia Prof. Hendrawan Supratikno yang memberikan penyuluhan tentang restrukturisasi dan memberikan bantuan sembako. Menurutnya, saat ini perekonomian warga terpukul sebagai imbas dari diberlakukannya protokol kesehatan pencegahan virus corona, dengan adanya penyuluhan ini setidaknya warga tahu akan kebijakan dari pemerintah yang meringankan warga.

“informasi ini sangat penting bagi kami, karena saat ini kondisi perekonomian tidak stabil sehingga dapat membantu meringankan beban masyarakat. Saya juga mengucapkan terima kasih atas bantuan sembakonya, yang pasti bantuan seperti ini sangat diperlukan warga saat ini,” katanya. (Pekalonganberita,com)

Pos terkait