Bupati Pekalongan Pantau Langsung Pencairan Program BLT di Kecamatan Tirto

Kajen,21 Mei 2020 – Bupati Pekalongan KH.Asip Kholbihi,SH,M.Si, melakukan pantauan langsung terhadap pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) bulan pertama di Kecamatan Tirto pada hari ini, Kamis (21/5/2020) . Bupati Asip mengatakan bantuan kali ini merupakan salah satu skema bantuan dari Kementrian Sosial yang bernama BST (Bantuan Sosial Tunai), dengan indeks Rp.600.000,00  kali tiga bulan.

‘’Ini kita memantau BLT (Bantuan Langsung Tunai) bersumber dari kementrian sosial yang namanya yaitu BST (Bantuan Sosial Tunai) dengan indeksnya sama 600 ribu kali tiga bulan,’’kata Bupati Asip.

Dalam pantauanya kali ini,  Bupati Asip menjelaskan kepada masyarakat bahwa bantuan BST ini harus digunakan untuk pemenuhan kebutuhan bahan makanan pokok sehingga program ini dapat bermanfaat bagi masyarakat sebagaimana tujuan utamanya.

‘’Hari ini hari terakhir pengambilan tahap pertama. Saya harap kepada para penerima BST ini supaya  bantuan ini digunakan untuk kebutuhan pokok sehari-hari, sehingga program ini bisa sangat bermanfaat bagi masyarakat ditengah pandemi seperti saat ini, karena kebanyakan masyarakat Tirto ini para buruh perusahaan sedangkan perusahaanya kan tutup,’’ jelas Bupati Asip.

Bupati melanjutkan, bahwa  program bantuan dari kementrian sosial yang hari ini sudah cair di Kecamatan Tirto sangat berjalan lancar dan masyarakat snagat senang dengan pelayanannya  yang sudah cukup baik.

‘’Ini masyarakat sangat senang dan pelayananya mudah serta simpel. Kalau kaum disabilitas,orang jompo,dan orang sakit bantuanya akan diantar langsung oleh petugas pos. Kalau yang terlambat ngambil,itu bisa diambil di Kantor Pos, sehingga pelayanannya tidak ada keluhan,’’ kata Bupati Asip.

Selain bantuan dari kementrian sosial, dalam kesempatanya kali ini Bupati Asip Kholbihi juga mengatakan bahwa Kabupaten Pekalongan  sudah menyalurkan  Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa di Desa Wuled Kecamatan Tirto pada hari ini yang semuanya telah berjalan dengan baik dengan indeks yang sama yairu Rp.600.000,00  kali tiga bulan.

‘’Kabupaten Pekalongan juga tadi telah menyalurkan bantuan dari program BLT Desa, di Desa Wuled yang semuanya berjalan baik dengan indeksnya yang sama , yaitu 600 ribu kali tiga yang itu sementara karena BLT Desa itu sifatnya dinamis,’’kata Bupati Asip.

Melanjutkan hal tersebut, Bupati Asip mengungkapkan bahwa tadi malam pihaknya telah berkomunikasi dengan mentri sosial bahwa perkembangan BLT Desa di Kabupaten Pekalongan berjalan dengan baik karena sudah 95 persen sudah tersalurkan.

‘’Pemkab Pekalongan tadi malam juga berkomunikasi dengan pak mentri yang memantau perkembangan BLT Desa di Kabupaten Pekalongan yang alhamdulilah dari 273 itu hampir 95 persen sudah tersalurkan, sisanya nunggu proses transfer saja,’’ ungkap Bupati Asip.

Selanjutnya, Bupati Asip mengatakan bahwa untuk masyarakat yang tidak terbantu atau tidak masuk skema bantuan dari manapun, untuk tidak perlu khawatir karena pihaknya akan segera mengadakan alternatif  bantuan melalui kepala desa dan kepala kelurahan yang akan segera dicairkan karena Pemkab Pekalongan sendiri sudah berkoordinasi dengan Kementrian Sosial terkait hal tersebut. (pekalonganberita.com/red1)

LIHAT VIDEO SELENGKAPNYA >>