Bupati Asip Disuntik Vaksin Covid 19 Tahap Dua

KAJEN- Setelah mendapat suntik vaksin tahap pertama pada Senin (25/1/2021) lalu. Bupati Pekalongan Asip Kholbihi kembali mendapatkan suntik vaksin Covid-19 Sinovac di UPTD Puskesmas 1 Kesesi, Senin (8/2/2021).

Menurutnya, meski pemberian vaksin tahap kedua, namun pelayanananya masih seperti tahap pertama. “vaksin Sinovac ini aman, saya sudah disuntik dua kali tidak ada gejala apa-apa. Normal semuanya,” kata Bupati Asip.

Setelah para Forkompimda, pemberian vaksin ini, lanjut Asip, akan diberikan kepada masyarakat yang akan dimulai dari ASN, TNI/Polri, dan pedagang pasar. “nanti dari Dinkes yang akan mengatur. Intinya Pemkab Pekalongan siap terkait apa yang harus dilakukan. Termasuk tenaga vaksinator dan ketersediaan vaksinya,” jelasnya.

Bupati meminta kepada masyarakat, jika nanti tiba giliran, untuk berbondong-bondong agar di vaksin, karena sudah terbukti tidak ada efek dan aman. “dengan vaksin ini, semoga kita bisa sehat dan kuat serta terbebas dari covid 19. Dengan itu bangsa kita bisa bangkit dan kehidupan masyarakat akan kembali normal,” pintanya.

Selama masih dalam masa pandemi, masyarakat diminta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Seperti mencuci tangan, mengenakan masker, menjaga jarak dan mengurangi mobilitas.

Di Kabupaten Pekalongan sendiri akan mulai menerapkan mikrozonasi, yang merupakan implementasi dari program jogo tonggo dari Propinsi Jawa Tengah. “bagi desa yang masuk zona merah, kita akan panggil Kepala Desa dan perangkat serta tokoh masyarakat, akan kita treatment khusus tentang bagaimana meminimalisir penyebaran covid 19. Seperti diantaranya, membatasi mobilitas dan kegiatan masyarakat serta kegiatan lainnya,” tuturnya.

“kita akan lakukan semi lockdown desa untuk menekan Covid 19. Di kita ada beberapa desa yang berhasil Zero Covid 19 salah satunya Desa Pakisputih Kecamatan Kedungwuni, meskipun mobilitasnya tinggi tapi masyarakatnya menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” jelas Bupati. (Pekalonganberita,com)