BPJamsostek Pekalongan Apresiasi PT MPS Juara 1 Paritrana Tingkat Provinsi

Kota Pekalongan – Kantor BPJamsostek Cabang Pekalongan menyambut baik dan mengapresiasi kepada PT Urip Sugiharto (MPS) Pekalongan yang berhasil keluar sebagai Juara 1 Kategori Badan Usaha Skala Besar Penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Paritrana Award) Tahun 2022 tingkat Provinsi Jawa Tengah yang diselenggarakan di Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jawa Tengah, Jumat (27/1/2023) lalu.

 

Bacaan Lainnya

Kepala Kantor BPJamsostek Cabang Pekalongan, Farah Diana memberikan dukungan penuh atas terselenggaranya program Paritrana Award yang dilaksanakan setiap tahunnya, dimana dalam ajang tersebut, salah satu perusahaan kepesertaan BPJamsostek Pekalongan yakni PT MPS Pekalongan berhasil menjadi juara 1 untuk kategori perusahaan atau badan usaha skala besar.

 

“Program BPJS Ketenagakerjaan merupakan hak dari pekerja baik pekerja penerima upah, pekerja bukan penerima upah maupun pekerja di sektor jasa konstruksi, dan dengan perlindungan dari BPJamsostek bisa meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan para pekerja Indonesia dengan tetap bisa bekerja keras dan bebas cemas,” ucapnya saat dikonfirmasi via telepon, Selasa (21/2/2023).

 

Menurutnya, PT MPS Pekalongan selama ini telah berkomitmen memberikan perlindungan menyeluruh kepada karyawannya untuk menyukseskan program BP Jamsostek. Dengan penghargaan yang PT MPS dapatkan, diharapkan bisa menjadi semangat dan motivasi bagi seluruh perusahaan lain yang ada di Kota Pekalongan untuk terus memberikan layanan terbaiknya dan memberikan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi setiap karyawannya.

 

“Kami berharap, PT MPS Pekalongan terus bertekad mempertahankan kinerja dan inovasi terbaru untuk ikut menyukseskan program BP Jamsostek dalam memberikan perlindungan kepada pekerja, mitra kerja, dan masyarakat sekitar,” tegasnya.

 

Lanjutnya, penganugerahan Paritrana Award 2022 yang diinisiasi oleh BPJamsostek Kantor Wilayah Jateng dan D.I.Y dengan Pemerintah Provinsi merupakan apresiasi untuk semua penerima baik kategori kabupaten/kota/perusahaan skala besar dan menengah; serta usaha layanan publik yang sudah berpartisipasi sekaligus sebagai motivasi untuk terus meningkatkan jumlah para pekerja yang tercover jaminan sosial ketenagakerjaan.

 

” Anugerah Paritrana ini sekaligus untuk meningkatkan peran aktif dan komitmen dari pemerintah daerah baik di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota terhadap penyelenggaraan Program Jamsostek di wilayahnya masing-masing serta untuk meningkatkan kepatuhan pemberi kerja terhadap penyelenggaraan Program Jamsostek,” pungkasnya.

 

Dalam ajang Paritrana Award 2022 tingkat Provinsi Jawa Tengah 2022 diikuti 303 kandidat dengan rincian (35 pemerintah kabupaten/kota; 56 perusahaan skala besar; 88 perusahaan skala menengah; 51 usaha layanan publik; dan 73 usaha kecil dan mikro).

 

Adapun kriteria penilaiannya untuk kategori pemerintah kabupaten/kota: coverage kepesertaan peserta penerima upah (PU) dan bukan penerima upah (BPU); pertumbuhan coverage (PU dan BPU), dan perlindungan yang diberikan oleh pemerintah daerah setempat melalui APBD bagi pekerja rentan di wilayahnya.

 

Kriteria perusahaan badan usaha syaratnya antara lain: kepatuhan ekosistem/supply chain perusahaan dalam Program Jamsostek; penggunaan aplikasi Jamsotek Mobile oleh seluruh karyawan ; dan perlindungan yang diberikan perusahaan (CSR) bagi para pekerja rentan di sekitarnya.

 

Sementara kriteria usaha kecil mikro yakni: penggunaan aplikasi sistem informasi pelaporan perusahaan (SIPP); pelaporan upah karyawannya; kepesertaan seluruh karyawan dalam Program Jamsostek; kepesertaan program yang diikuti; dan periode kepesertaan.

 

Adapun para pemenang Paritrana Award 2022 Kategori Kabupaten/Kota: Pemerintah Kabupaten Boyolali (pemenang 1); Pemerintah Kabupaten Semarang (pemenang 2); dan Pemerintah Kota Tegal (pemenang 3).

 

Sementara, Kategori Badan Usaha Skala Besar: PT Urip Sugiharto (MPS Pekalongan sebagai pemenang 1); PT Tri Lestari Sandang Industry (pemenang 2); dan PT Majapura (pemenang 3).

 

Kategori Badan Usaha Skala Menengah: Koperasi Patra Wijaya Kusuma (pemenang 1); PDAM Tirta Baribis Kabupaten Brebes (pemenang 2); dan CV Indah Jaya Toys (pemenang 3).

 

Kategori Usaha Layanan Publik: RS Permata Medika (pemenang 1); RSI Klaten (pemenang 2); dan RSI Fatimah (pemenang 3).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *