BLK Buka Pendaftaran Pelatihan APBD I Secara Online

  • Bagikan

Kota Pekalongan- Pekalonganberita.com – UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) pada Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kota Pekalongan kembali membuka calon peserta pelatihan berbasis kompetensi Angkatan Kerja IV bersumber dana APBD I, mulai 17 Juni hingga 15 Juli 2021.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman dinperinaker.pekalongankota,go,id atau link pendaftaran online bit.ly/PendaftaranOnlineBLK.

Plt Kasubag TU UPTD BLK Setempat, M Furqon Ardhie saat ditemui di kantor dinasnya, menyampaikan bahwa ditahun 2021, pelatihan APBD akan dilakukan dua angkatan. Dimana pada angkatan I, ada tiga pelatihan yang dibuka yakni tata rias pengantin, perhotelan, dan menjahit.

Dijelaskan Furqon, dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19, pendaftaran dilakukan secara online di dinperinaker.pekalongankota.go.id kemudian ke kolom pendaftaran. Sehingga, peserta bisa mendaftar kapan saja dan dimana saja. “Hal ini juga untuk mengurangi kontak secara langsung antara petugas dan pendaftar,”kata Furqon dikutip Dinkominfo Kota Pekalongan.

Lanjutnya, setelah pendaftar berhasil melakukan pendaftaran, pendaftar diharuskan untuk mengumpulkan berkas fisik ke kantor Employment Center BLK Kota Pekalongan. “Sebagai bukti keseriusan peserta. Jika sudah mengumpulkan berkas fisik, peserta akan diberikan bukti pendaftaran dan menunggu informasi selanjutnya terkait pelaksanaan tes yang akan dilakukan baik tes tertulis maupun wawancara.” Imbuhnya.

Dikatakan Furqon, Pelatihan ini gratis untuk seluruh masyarakat kota Pekalongan. Adapun persyaratan secara umum diantaranya minimal berusia 18 tahun, merupakan masyarakat kota Pekalongan yang dibuktikan dengan KTP, tidak sedang mengenyam pendidikan, dan maksimal pendidikan SMA/SLTA.

Untuk kuota peserta per kelas yakni 16 peserta sehingga totalnya 48 untuk satu angkatan pelatihan APBD I. Pelatihan akan dimulai pada 21 Juli, dengan durasi pelatihan tiap jurusan berbeda-beda. Selain itu, peserta tidak hanya diberikan materi kejuruan saja, namun juga materi terkait Fisik, Mental, dan Disiplin (FMD), softskill, dan digital marketing.

Furqon juga menuturkan bahwa selama pandemi, antusias masyarakat untuk mendaftar pelatihan di BLK cukup tinggi sekitar 45-60 pendaftar untuk 1 rombel/kelas.

“untuk waktu selesai pelatihan berbeda-beda. Ditargetkan selesai 25-30 hari pelatihan,”kata Furqon.

  • Bagikan